Palopo - Unit Program Belajar Jarak (UPBJJ) Universitas Terbuka Makassar menggelar pelatihan tutor di aula Hotel Mulia Indah, Jumat (21/2/2020) yang diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan se-Tana Luwu.  Dalam sambutannya,  Direktur UT Makassar Drs. Hasanuddin, M.Si menyebutkan pelatihan yang dilaksanakan tersebut dalah yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pelatihan yang sama di Kabupaten Selayar. "Kami berharap agar peserta yang mengikuti pelatihan ini mampu mengembangkan skill dan pengetahuan dalam mewujudkan dunia pendidikan yang lebih baik" ucapnya seraya menyebutkan bahwa mahasiswa universitas terbuka saat ini tersebar di 45 negara di luar negeri. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo Dr. H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si yang membuka secara resmi pelatihan itu mengharapkan agar para pendidik dan tenaga kependidikan mampu menguasai teknologi. "Dunia pendidikan saat ini sudah beralih ke sistem teknologi, peserta didik sudah dapat mengakses pelajarannya sebelum berangkat ke sekolah. Oleh karena itu guru tidak boleh ketinggalan teknologi, guru harus lebih maju" ujarnya seraya menambahkan bahwa guru juga harus menguasai bahasa asing.  RMB juga menyampaikan bahwa saat ini kota Palopo telah menjadi salah satu kota pendidikan dan tujuan pendidikan. " Kurang lebih 35.000 mahasiswa yang sedang kuliah di Palopo akan menjadi industri pendidikan, oleh karena itu pemerintah akan  menyiapkan infrastruktur dan fasilitas yang menunjang" tambahnya sambil menekankan bahwa saat ini pendidikan gratis sampai tingkat SMA sudah berjalan dan pengadaann seragam sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP sehingga menurutnya tidak ada alasan untuk tidak bersekolah.

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) adalah unit pelaksana teknis UT di daerah  yang bertujuan melaksanakan kegiatan pelayanan bantuan belajar dan layanan bahan ajar yang meliputi pelaksanaan tutorial dan ekstrakurikuler, mengembangkan, membina, dan melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi. Pelatihan tutor ini menghadirkan pemateri yakni Manager bidang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Drs. Subirman Musa, M.Hum. (Ichzan_Diskominfo Palopo)