Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Walikota Palopo Pimpin Apel Siaga Stunting 2023

Diskominfo Palopo Jumat, 19 Mei 2023 Kesra 24 Kali
Walikota Palopo Pimpin Siaga Stunting 2023


PALOPO - Walikota Palopo Bapak Drs. H.M. Judas Amir, M.H menjadi pembina pada apel siaga stunting tahun 2023 lingkup pemerintah kota palopo. Apel ini dilaksanakan dihalaman belakang kantor walikota palopo, Jum'at, 19 Mei 2023.

Pada apel siaga itu disampaikan pengumuman jumlah bapak asuh dari perangkat daerah dan instansi vertikal di kota palopo yang akan menjadi pendamping bagi 291 anak dengan gejala stunting serta 226 orang ibu hamil.

Dilakukan pula penyerahan daftar nama anak asuh stunting dan ibu hamil (by name by adreess) kepada bapak dan bunda asuh yang diserahkan secara simbolis oleh pembina upacara.

Sementara itu, walikota dalam amanatnya menyampaikan bahwa hari ini kita berkumpul bersama untuk mewujudkan niat baik kita untuk kembali melakukan evaluasi sekaligus menuntaskan apa yang menjadi tugas kita, terkait dengan stunting. "Alhamdulillah beberapa bulan yang lalu kita mencanangkan bapak dan bunda asuh dan sudah ada hasilnya,".

Walikota melanjutkan, Jangan hanya nama saja yang ada tapi orangnya kita tidak tahu siapa.
Bagi yang menjadi bapak asuh, mereka harus diberi pemahaman khusus, apa yang mereka akan laksanakan dalam menjadi bapak dan bunda asuh.

"Pak Sekda, siapkan waktu untuk mengundang mereka, cari nara sumber yang baik, berkompeten, untuk memberikan pemahaman tentang cara bertugas dibidang itu, sehingga InSya Allah kita akan mendapatkan manfaatnya," ungkap walikota.

Karena, lanjut walikota, ada kebiasaan kita, rajin membuat daftar nama petugas tapi implementasi dilapangan tidak ada.

Itulah yang menyebabkan apa yang menjadi tugas kita, rencana kita untuk melakukan sesuatu itu biasa gagal karena tidak dijabarkan terlalu baik. Hanya mengandalkan sebuah laporan nama nama," jelasnya.

"Untuk itu, tolong ini ditindak lanjuti dengan pelatihan, dan dalam pelatihan itu kita adakan pernyataan masing-masing oknum yang kita libatkan untuk mau bekerja secara baik," lanjutnya.

Walikota menambahkan, Alhamdulillah, kita sudah ada guru kita yang baik, guru kita yang paling baik adalah mengelola keuangan daerah. "Karena kita bekerja sungguh sungguh dibidang itu, Alhamdulillah kita sudah dapatkan WTP Delapan kali berturut-turut. Dan ini mahal. Mahal untuk mencapai itu, tapi itu kita capai, kenapa?, karena kesungguhan, karena niat," ujarnya.
"Untuk mengatasi stunting ini dengan baik tolong supaya dilakukan pelatihan, supaya setelah diberi pelatihan, dia sudah tahu kerja kerjanya seperti apa," jelas walikota.

Apel Siaga itu dihadiri pula unsur porkopimda kota palopo, Sekretaris daerah dan diikuti paravpimpina perangkat daerah, pejabat eselon III, IV dan pejabat Fungsional serta staf perangkat daerah lingkup pemkot palopo.