Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Walikota Palopo Hadiri Webinar Bincang Stranas Pencegahan Korupsi

Diskominfo Palopo Kamis, 24 November 2022 Pembangunan 525 Kali
Webinar Bincang Stranas PK, 24/11/2022

PALOPO - Walikota Palopo, H.M.Judas Amir, MH, Menghadiri Webinar Bincang Stranas PK, dalam rangka mempercepat capaian integrasi perencanaan penganggaran pemerintah tingkat daerah dan tingkat pusat yang dilaksanakan di Kantor Walikota Palopo secara Virtual Aplikasi Zoom dan Disiarkan live streaming Starnas PK Official,Kamis 24/11/2022.

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan. dalam penyampaiannya, bahwa RPJMN 2020-2024, telah menetapkan penerapan manajemen risiko sebagai salah satu indikator tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien dalam mendukung peningkatan kinerja seluruh dimensi pembangunan.

"Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) , yang bermaksud menyampaikan pokok-pokok perbaikan dan penyempurnaan sistem informasi perencanaan penganggaran sebagai bagian dari rencana Aksi tahun 2023-2024 kepala seluruh Pemerintah Daerah."Jelasnya.

Ada beberapa pembahasan dalam rapat Starnas PK, yang disampaikan langsung oleh pemateri, termasuk arah kebijakan pencegahan korupsi melalui digitalisasi perencanaan penganggaran yang di sampaikan oleh, Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK selaku koordinator Stranas PK, Perkembangan dan Arah Kebijakan.

Penerapan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah ( SIPD) yang di sampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, Kerangka Continuous Audit.

Continous Monitoring (CACM) dalam upaya peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah yang di bawakan oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Pendekatan Integrasi SIPD dan CACM di bawakan oleh Direktur Pusilkom UI.

Kebijakan ini ditujukan untuk memberikan fasilitas dan mendorong terwujudnya sistem data dan informasi pembangunan, informasi keuangan serta informasi pemerintahan lainnya bagi pengambilan keputusan baik di daerah maupun di pusat. Sistem ini
juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah daerah melalui kerjasama berbasis teknologi sehingga dapat membangun database yang ada di daerah serta dapat menggambarkan potensi dan sumberdaya yang dimiliki oleh daerah dalam mendukung pengembangan sistem informasi pengelolaan daerah yang valid dan akurat.

Turut hadir Wali kota Palopo , H.M.Judas Amir, MH, Kepala Dinas  PU Harianto, ST, Kepala Dinas Bapedda ,Hj. Raodatul Jannah, S. Sos.,MM, Sekertaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza D.P.,S.H.,M.Si, Kepala BPKAD Kota palopo, Irfan Dahri, S.TP, M.Si, Serta tamu undangan lainnya, (Asraf/Riska)