Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Walikota Palopo Buka Job Fit Pejabat Di Makassar

Diskominfo Palopo Jumat, 10 Juni 2022 Pemerintahan 854 Kali
Walikota Buka Job Fit Pejabat Di Makassar, 10/06/2022

PALOPO - Walikota Palopo, Drs. H. M. Judas Amir, MH, membuka Secara Resmi, Uji Kesesuaian Kompetensi (Job Fit) dan Evaluasi PPT Pratama, di Kantor Puslatbang KMP LAN Makassar, Jumat 10 Juni 2022.

Uji Kesesuaian Kompetensi (Job Fit) tersebut diikuti 6 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II-b) dan 2 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang akan mengikuti evaluasi PPT Pratama yang menduduki jabatan selama 5 tahunan.

Kepala BKPSDM Kota Palopo Farid Kasim Judas, SH., M.Si, MH menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan job fit atau biasa disebut juga dengan person job fit adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi di dalam organisasi melalui kepribadian, soft skills, pengalaman dan nilai-nilai yang mereka miliki dalam bekerja.

Selain itu Job fit yang dilakukan ini juga untuk melakukan evaluasi kinerja para kepala OPD.

Adapun peserta berjumlah 8 orang, yang terbagi menjadi dua kelompok diantaranya 6 orang mengikuti Uji Kesesuaian Kompetensi (Job Fit) dan 2 orang mengikuti evaluasi PPT Pratama yang menduduki jabatan selama 5 tahunan.

Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bapak Dr. Andi Taufik, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, "Merawat pengembangan kompetensi bagi pejabat itu menjadi hal yang sangat penting di sela kesibukan dan pekerjaan lainnya."

"Puslatbang KMP ini salah satu tugasnya adalah mengawal merit sistem di dalam manajemen ASN karena itu kami memiliki suatu lembaga pusat penilaian kompetensi ASN yang terakreditasi A."

"Sehingga kami turut serta dalam mengawal hal ini bukan cuma di provinsi Sulawesi Selatan tapi juga di beberapa provinsi lainnya termasuk Papua dan Papua Barat."

"Itu semua telah menggunakan jasa assessment center dari kita karena itu dirinya menyampaikan terimakasih kepada Walikota Palopo, dan juga Kepala BKPSDM Kota Palopo, yang selalu melihat pendekatan pada aspek kualitas, sehingga selalu menitipkan SDM kita baik itu pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat pengawas untuk dididik di LAN." Ulasnya dengan detail.

Walikota Palopo, Drs. H. M. Judas Amir, MH dalam sambutannya menyampaikan semoga upaya yang kita lakukan ini, membawa Kota Palopo lebih baik lagi kedepan. Semoga yang ikut ini lebih memahami, karena jika dilihat dari masa kerjanya pejabat yang ikut ini semua sudah senior.

"Kita berharap kali ini, evaluasi bagi pejabat sejauh mana telah menguasai tugas yang telah diberikan selama ini, jika tidak ada kemajuan di suatu daerah, itu pasti para pejabat yang tidak menguasai tugasnya."

"Karena dimanapun kita bekerja, jika dasarnya tidak ingin bekerja, pasti akan susah, karena kegiatan ini bukan untuk kepentingan kepala daerah, tapi untuk daerah dimana kita harus benahi suatu daerah, sehingga harus memahami apa yang menjadi tugas kita." Paparnya.

Turut hadir Kepala Lembaga Administrasi Negara, Inspektur Kota Palopo Drs. H. Asir Mangopo, MM, Kepala Bappeda Kota Palopo, Hj. Raodatul Jannah, S.Sos, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo, Wahyudin, serta para peserta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pemerintah Kota Palopo. (r*)