PALOPO - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), menggelar Diskusi Nasional Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), yang diikuti Secara Virtual, Oleh Walikota Palopo Drs. HM. Judas Amir, MH, di Rujab Walikota Palopo, Jumat 30 April 2021.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Dr. H. Bima Arya Sugiarto, dalam sambutannya menyampaikan SIPD ini, jika di dalami target dan tujuannya luar biasa baik dan sangat ideal dan setidaknya ada tiga target dari implementasi SIPD ini.

"Pertama adalah menguatkan aspek administratif karena kita ketahui bahwa banyak sekali persoalan ketika perencanaan penganggaran pelaksanaan kegiatan ini bermasalah dalam aspek dan tahapan-tahapannya." Jelasnya.

Ada yang terlewat kemudian ada juga yang tidak sesuai dengan aturan dan persoalan lainnya oleh karena itu SIPD ini merapikan dari sistem administratif tersebut.

"Kedua adalah transparansi ada keinginan kuat, agar publik dapat akses SIPD ini agar dapat lebih memahami, melihat dan ikut mengawasi untuk proses perencanaan pelaksanaan penganggaran pembangunan." Lanjutnya.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. H. Mochamad Ardian Noervianto, menyampaikan lima langkah percepat transformasi digital, yaitu segera melakukan percepatan perluasan akses, dan peningkatan infrastruktur digital, dan penyediaan layanan internet.

Kemudian persiapankan transformasi digital, di sektor-sektor strategis, baik itu di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan ,perdagangan, industri maupun penyiaran.

Selanjutnya, percepat integrasi pusat data nasional, dan siapkan kebutuhan SDM talenta, digital serta yang berkaitan dengan regulasi skema pendanaan, dan pembiayaan segera ditetapkan secepatnya.

Turut hadir pula, Asisten I Setda Kota Palopo Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, Kepala Bappeda Kota Palopo Hj. Raodatul Jannah, S.Sos, Kabag Pemerintahan Setda Kota Palopo Subhan, S.Sos., M.Si. (red)