Palopo –  Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir, MH meresmikan hasil kerja program KotaKu (Kota Tanpa Kumuh) tahun anggaran 2019  di lorong Panggung, Kelurahan Ponjalae, Selasa (14/1/2020). Pada tahun 2019 sejumlah kelurahan berkesempatan mendapatkan program KotaKu, salah satu diantaranya adalah kelurahan Ponjalae.  Adapun total anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan program KotaKu disejumlah kelurahan tersebut yakni sebanyak Rp. 5 milyar.   

Khusus di kelurahan Ponjalae, pelaksanaan program KotaKu dipusatkan di RT 10/RW 02 yang  dulunya kawasan tersebut didominasi rawa-rawa dan tidak memiliki akses jalan yang layak, namun setelah kegiatan tersebut diimplementasikan dengan pembuatan drainase, plat duikker, lampu penerang jalan, pot bunga dan jalan beton kini kawasan tersebut tampak tertata dan elok dipandang mata.  Menariknya selain menggunakan anggaran program KotaKu, pembenahan wilayah lorong panggung tersebut juga mendapatkan bantuan hibah berubah lahan seluas 215 X 4 meter  dari salah satu tokoh masyarakat yakni H. Luthfi Mustari, termasuk partisipasi dari sejumlah perusahaan diantaranya 1 unit motor pengangkut sampah dari Bank SulSelBar, bak sampah dari Bank BNI, serta bibit sayuran dan tanaman dari dinas Pertanian.

Saat menyampaikan sambutan, Wali Kota Palopo mengajak semua masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan masing-masing. Hal senada diutarakan oleh koordinator program KotaKu mengharapkan dukungan semua pihak agar senantiasa berkolaborasi dengan pemerintah dalam rangka penanganan kawasan kumuh untuk mewujudkan target KotaKu yaitu terwujudnya pemukiman layak huni dan berkelanjutan. Salah satu warga di kelurahan Ponjalae, Aris Siwata  saat ditemui oleh kru www.palopokota.go.id berharap agar  program KotaKu dapat lebih ditingkatkan lagi dan lebih banyak lagi masyarakat yang tinggal di kawasan kumuh diperhatikan” ucapnya.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Ketua DPRD Palopo DR.Hj.Nurhaeni, Sekda Palopo Drs.Firmanza DP, para asisten Setda Palopo , kepalaperangkat daerah ,unsuru Forkopimda, pimpinan perbankkan, PAM Tirta Mangkaluku, serta tokoh masyarakat.  ( Andi Wahyuni / Ayu Anastasya _Nunu Purwati Diskominfo Palopo )