Palopo -  Wali Kota Palopo Judas Amir mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Palopo di ruang pola kantor Wali Kota Palopo, Kamis (23/5/19). Menurut asisten II Setda Palopo menyebutkan bahwa keuangan merupakan hak dasar dan memiliki peranan penting dalam masyarakat. Dia juga menuturkan bahwa pelantikan tersebut adalah merupakan tindak lanjut arahan presiden dengan perwakilan industri jasa keuangan untuk mengantisipasi meningkatnya akses keuangan dalam UMKM dalam 5 tahun kedepan. Dirinya berharapTPAKD menjadi program yang wajib dilaksanakan serta dapat melakukan sinergitas yang produktif. 

Sementara itu Kepala BPKAD Sulsel Andi Arwin Aziz, S.STP mengemukakan baru terdapat 9 ( Sembilan ) kabupaten/kota yang mengukuhkan TPAKD di Sulawesi Selatan dan Kota Palopo menjadi kota yang ke-10 dalam pengukuhan TPAKD.  "Sesuai instruksi Mendagri, kita harus membentuk TPAKD diseluruh kabupaten untuk saling berpacu dalam akses keuangan" tuturnya.  Mantan Pj. Wali Kota Palopo ini juga menyebutkan TPAKD wajib dianggarkan dalam APBD  untuk menunjang kinerjanya. "Nantinya akan dilakukan rakor per triwulan, tujuannya agar program TPAKD dapat berjalan selaras dalam memfasilitasi akses keuangan UMKM binaan pemerintah" ucapnya. Dirinya juga berharap kepada OPD terkait agar dapat merekomendasikan data petani dan peternak untuk diberikan asuransi.

Senada dengan itu kepala OJK regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua, Zulmi berharap agar tim yang telah dikukuhkan agar segera bekerja dengan penuh tanggung jawab.  Dirinya juga menjelaskan peranan OJK dalam perlindungan konsumen dan pengawasan keuangan.  Pada kesempatan yang sama Wali Kota Palopo, Judas Amir memberikan selamat kepada tim yang telah dikukuhkan dan berharap agar tim yang terbentuk dapat bekerja semaksimal mungkin. "Kita telah memiliki program siapa mau bekerja apa, jadi kita akan membimbing tim yang telah ada agar program ini dapat berjalan dengan baik" tuturnya. Pada acara yang dihadiri oleh perwakilan Forkopimda dan perangkat daerah tersebut, juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan kepada sejumlah UMKM se-Kota Palopo. 

(Ichzan_Diskominfo Palopo).