Palopo – Kepala BPKD Kota Palopo H. Muh.Samil Ilyas, SE.MM resmi dikukuhkan sebagai ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI)  Kota Palopo periode 2020-2025.  Pengukuhan dilakukan langsung oleh ketua DMI provinsi Sulawesi Selatan , H.M.Amin Syam di ruang pola kantor Wali Kota Palopo, rabu(12/2/2020). Amin Syam yang tak lain adalah Gubernur Sulawesi Selatan periode 2003-2008 tersebut mengajak para pengurus yang dikukuhkan untuk berbangga menjadi pengurus DMI sebab menurutnya amanah sebagai pengurus DMI sangat mulia karena mengurus rumah ibadah umat islam.  Dirinya kemudian bercerita bahwa meskipun dirinya pernah menjabat jabatan strategis sekelas gubernur, ketua DPRD provinsi dan Pangdam, namun dirinya mengaku bahwa jabatan yang diembannya sebagai ketua DMI memiliki kebanggaan tersendiri dibanding jabatan yang pernah diembannya di institusi pemerintahan dan militer.

Dirinya mengajak kepada pengurus DMI Kota Palopo yang terdiri dari berbagai lintas profesi tersebut agar dapat menjadi contoh bagi umat islam dalam upaya menggugah minat umat islam untuk datang ke masjid. “ Karena itu, masjid perlu dibuatkan daya tarik sebab masjid bukan saja dijadikan tempat beribadah , namun juga untuk menunjang aktivitas sosial umat “ ujarnya sambil mengapresiasi karena pengukuhan DMI Palopo dianggap paling meriah dibanding dengan daerah lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir pada kesempatan yang sama, kembali mengungkapkan sejumlah komitmen pemerintah terhadap keberadaan masjid di kota ini. Ia menguraikan bahwa selama kepemimpinannya sejumlah perhatian telah diberikan diantaranya pemberian insentif bagi imam masjid, sertifikat bagi masjid dan bahkan rumah ibadah lainnya serta pemberian insentif bagi pegawai syara` di masing-masing kelurahan.  Wali Kota menegaskan bahwa kebanggaan dan perhatian terhadap masjid adalah gambaran keimanan seseorang. “ olehnya itu, jagaki masjid ta` “ ujarnya dalam dialek khas Palopo.

Pada bagian awal acara, Ketua DMI Palopo Samil Ilyas menyampaikan laporan bahwa saat ini di Kota Palopo terdapat 215 bangunan masjid dan musallah yang akan menjadi fokus perhatian dari organisasi yang dipimpinnya.   Selaku ketua, dirinya juga siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pembinaan terhadap masjid. ( red_Herawan _Nunu Purwati _ Diskominfo Palopo )