Palopo – Tahun ini peringatan Hari Jadi Kota Palopo diperingati melalui pelaksanaan sidang paripurna istimewa DPRD Kota Palopo yang dipimpin oleh Ketua DPRD Palopo Harisal Latief, selasa (2/7/2019).  Tampak hadir dalam sidang paripurna tersebut diantaranya Datu Luwu La Maradang Mackulau, Wakil Bupati Luwu Utara , unsur Forkopimda.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST yang tampil menyampaikan sambutan pada kesempatan tersebut memuji kemajuan dan perkembangan pembangunan Kota Palopo.  “ Kota Palopo adalah merupakan icon  Luwu Raya , karena dapat dilihat dari berbagai sudut pandang , Palopo ini menjadi transit jasa pendidikan, jasa kesehatan dan letaknya sangat strategis, karena itu saya berharap agar pemerintah Kota Palopo tetap memantapkan sinergitas dengan pemerintah pusat, instansi vertikal dan pemerintah provinsi “ ujarnya seraya mengatakan bahwa dirinya berada di Kota Palopo serasa berada di provinsi lain.

Sementara itu, Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini dalam kepemimpinannya pembangunan Kota Palopo terus berporses hampir pada seluruh sektor.  Beliau menggambarkan bahwa saat ini IPM Palopo meningkat dari 75,02 pada tahun 2013 menjadi 77,30 pada tahun 2018. “ Capaian tersebut menjadikan Palopo berada pada peringkat ke-2 dengan IPM terbaik di Sulawesi Selatan “ ujarnya seraya meyakinkan bahwa dalam APBD Palopo mengedepankan perwujudan janji politik yang berasa pada semangat APBD pro rakyat yang bertujuan untuk membangun stimulus bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.  “ Palopo yang makin maju juga ditandai dengan pembangunan infrastukrtur perkotaan yang makin baik, berkualitas, ber estetika dan bermanfaat bagi perekonomian, perbaikan pemukiman warga pesisir dan penanganan intensitas banjir di tengah kota “ tandasnya lagi.

Seusai pelaksanaan sidang paripurna istimewa, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan didampingi Wali Kota Palopo dan undangan lainnya menyempatkan meninjau sekaligus menyerahkan hadia bagi pemenang lomba cipta menu yang diikuti oleh TP PKK Kecamatan se-Kota Palopo. Selepas itu, Wagub SulSel juga meninjau langsung program pengembangan ternak ayam unggul di UPTD Mancani-Palopo ( red-Diskominfo Palopo )