Malili–  Puncak peringatan Hari Jadi Luwu ke-752 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-74 dipusatkan di Malili, Kabupaten Luwu Timur, Kamis(23/1/2020).  Acara yang diawali dengan karnaval pemerintah dan masyarakat dari kabupaten dan kota se-Tana Luwu tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.  Selain itu, sejumlah anggota DPRD Sulawesi Selatan asal DAPIL Tana Luwu diantaranya Andi Hatta Marakarma turut hadir pada acara yang dipusatkan di lapangan Merdeka, kecamatan Malili.

Dalam kesempatan itu Wagub SulSel menegaskan bahwa keberadaan Tana Luwu sangat besar konstribusinya terhadap pembangunan Sulawesi Selatan. Dirinya bahkan menganalogikan Tana Luwu sebagai air mineral yang tampak sederhana namun sangat dibutuhkan.  Adik mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia tersebut juga meyakinkan bahwa Pemrpov SulSel tidak diskriminasi terhadap pelaksanaan pembangunan di Tana Luwu. Dirinya menguraikan sejumlah pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang telah dan akan dilaksanakan di Tana Luwu, seperti pengaspalan jalan ke kecamatan Seko di Luwu Utara dan peningkatan jalan di Beteleme kabupaten Luwu Timur.   

Atas potensi yang besar dimiliki Tana Luwu, Wagusb SulSel mengaku tak pernah merasa bosan untuk berkunjung ke Tana Luwu. “ Saya tidak bosan-bosannya ke Tana Luwu “  ujarnya disambut aplaus ribuan hadirin di lapangan Merdeka, Malili.  Dirinya juga menyampaikan agar masyarakat Tana Luwu senantiasa memberikan dukungan dan doa demi kelancaran pelaksanaan pembangunan di Tana Luwu dan Sulawesi Selatan. Sebelumnya , Bupati Luwu Timur H.M.Thoriq Husler dalam sambutannya  selaku tuan rumah mengajak semua stakeholder di Tana Luwu agar bangkit bersama demi kemajuan Tana Luwu. Dirinya juga berharap agar sektor pertanian harus menjadi prioritas bersama untuk dimaksimalkan demi mendorong penguatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.   

Peringatan Hari Jadi Luwu ke-752 dan HRPL ke-74  tersebut turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Palopo DR.Rahmat Masri Bandaso, Wakil Bupati Luwu Syukur Bijak, Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Basri Syam, Sekda Luwu Utara, Forkopimda se-Tana Luwu.  Selain dihibur dengan penampilan tarian kolosal oleh sanggar seni dari kecamatan Burau , acara Hari Jadi Luwu dan HPRL diwarnai dengan penyerahan kendaraan operasional kepala desa se-Luwu Timur. Dibagian akhir acara juga dilaksanakan penyerahan pataka Tana Luwu dari Wagub SulSel kepada Sekda Luwu Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Jadi Luwu dan HRPL pada tahun 2021. ( red _Herawan_Diskominfo Palopo