Palopo - Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat dalam upaya mencegah penyebaran virus COVID-19 akibat merebaknya kembali penyebaran virus Corona di Kota Palopo yang merenggut korban jiwa di kota Palopo, yang dilaksanakan di ruang Pola Kantor Walikota Palopo (Selasa, 15/9/2020) yang dihadiri oleh pimpinan OPD, Camat, Lurah, unsur forkopimda, FKUB dan tokoh masyarakat se-Kota Palopo.

Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH yang memimpin rapat ini menyebutkan bahwa keadaan di kota Palopo saat ini sangat memprihatikan, kota Palopo ini sudah darurat bencana non alam.

"Kondisi kota Palopo terkait virus corona ini sangat memprihatikan, terkait dengan itu ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian khusus terutama isolasi mandiri" ucapnya.

Judas menyampaikan terkait dengan isolasi mandiri ini, Pemerintah dan masyarakat harus saling berkoordinasi terutama pasien positif.

"Kedepannya isolasi mandiri tidak bisa dilaksanakan dirumah masing-masing, isolasi mandiri harus dilaksanakan di RSUD Sawerigading" tegasnya orang nomor satu di Kota Palopo ini.

"kita juga akan berkoordinasi dengan hotel representatif yang ada di kota Palopo ini untuk lokasi isolasi mandiri" pungkas Judas.

Judas Amir menambahkan bahwa penanganan COVID-19 di kota Palopo ini belum maksimal. "Kita tidak konsisten terhadap petunjuk penanganan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan" ujarnya.

Walikota Palopo mengharapkan RT/RW dapat bekerja sama dengan bhabinkamtibmas dan babinsa sebagai garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 ini.

Sementara itu ketua FKUB Palopo Prof. Dr. H.M. Said Machmud, LC. Ma menyebutkan bahwa pekan depan, hari Jum'at tanggal 25 September 2020 akan dilaksanakan doa bersama di rumah ibadah yang ada di kota Palopo sebagai upaya dalam melawan pandemi COVID-19

"Kita juga akan melaksanakan dzikir di malam Jum'at sebagai rangkaian kegiatan ini" ucapnya.

Hingga hari ini, jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Palopo telah mencapai 134 kasus, 7 orang meninggal dunia dan 94 dinyatakan sehat. (Ichzan_Diskominfo Palopo).