Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Diskominfo Palopo Jumat, 28 Oktober 2022 Pemerintahan 1002 Kali
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda,28/10/2022

PALOPO - Pemerintah Kota Palopo, bersama Forkopimda dan Jajaran Instansi Lingkup Kota Palopo, mengikuti Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa" di Lapangan Pancasila Kota Palopo. Jum'at (28/10/2022).

Momentum nasional hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun untuk mengenang kembali peristiwa Kongres Pemuda tanggal 27-28 Oktober 1928, yang menghasilkan putusan Sumpah Pemuda.  Upacara Sumpah Pemuda berlangsung khidmat tatkala pembacaan teks pemuda, pembacaan pembukaan undang-undang 1945 dan pembacaan teks keputusan kongres pemuda-pemuda Indonesia dibacakan dalam upacara tersebut.

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali yang disampaikan kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Kav Suparman 1403/Palopo, selaku Inspektur upacara, menyampaikan bahwa peringatan hari sumpah pemuda ke-94 tahun 2022, dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa" ialah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan, untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yanh besar. Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran dalam menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan. Peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakan yang mengantarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tema "Bersatu Bangun Bangsa" memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalh harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketanguhan dan persatuan akan menjadi kekuatan melakukan pembangunan peradaban yanh unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Semangat untuk bersunguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, betdaulat, bersatu adail dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Lanjutnya menyampaikan pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada mada yang akn datang, mandat pemuda saat ini ialah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya, memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan demi menggapai kejayaan Indonesia, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dan mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045 tetapi juga menjadi tulang pungung untuk kejayaan Indonesia sepanjang masa.

Upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kretif inovatif kolaboratif dan mandiri serta berkarater mampu menghadapi   situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi. Melalui momentum hari peringatan sumpah pemuda bermula dari titik nol Ibukota Nusantara mengajak seluruh elemen bangsa, menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa. (Juna/Awal-Kominfo)