Palopo - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palopo menggelar bimbingan teknis pemanfaatan website KIM pada portal resmi Kota Palopo dan penggunaan aplikasi LAPOR SP4N bagi pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di aula Bappeda Kota Palopo, Jumat (20/12/2019).Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palopo Baso Akhmad, SH yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menyebutkan bahwa perputaran arus informasi saat ini sangat cepat, bahkan sebagian orang menjadikan informasi sebagai kebutuhan primer. Untuk itu, menurut mantan Kabag Humas Palopo tersebut  masyarakat harus mampu mengelola informasi dalam era digital sekarang ini. "Peran KIM tentunya sangat berdampak dalam pengelolaan informasi yang beredar ditengah masyarakat" ucapnya seraya berharap agar pengurus KIM  dapat membantu mengubah kultur masyarakat ke arah lebih baik, khususnya menjadi pioneer terkait penyebaran informasi.  Dirinya juga berharap agar KIM dapat membantu menyikapi peradaran informasi HOAX.

Senada dengan itu, kepala seksi pengembangan sistem Teknologi Informatika-  Diskominfo Palopo Ramlan, S.Kom, M.Kom yang tampil sebagai pemateri dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa KIM hadir dimasyarakat sebagai fasilitator dalam menyampaikan informasi di wilayah masing masing. "Banyak hal yang dapat dilakukan KIM di era digitalisasi saat ini, seperti penyebaran potensi wilayah, dan lain sebagainya mengingat akses informasi saat ini sangat luar biasa" pungkasnya sambil mengajak para pengurus KIM agar senantiasa bijak menggunakan media sosial. Pada kesempatan itu, perwakilan KIM Kelurahan Battang Barat, Alwi berharap agar Diskominfo Palopo memberikan fasilitas sarana dan prasarana terhadap KIM yang telah terbentuk di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kab. Toraja Utara itu mengingat wilayah Battang Barat masuk dalam area Blind Spot.

Kasi Kehumasan dan pemberdayaan komunitas Irwan Rizaly Noor menerangkan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.  Saat ini KIM yang terbentuk di Kota Palopo sebanyak 30 kelompok dari total 48 kelurahan. Bimtek tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pengurus KIM mampu mengolah informasi dan menyalurkannya melalui website kim.palopokota.go.id yang menjadi sub domain dari website resmi pemerintah kota Palopo serta mampu menyalurkan aspirasi dan mengelola laporan pada aplikasi LAPOR SP4N.  (Ichzan_Diskominfo Palopo)