Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Temu Dengan Walikota, Dirjen DJPb Sulsel Apresiasi Kota Palopo Raih WTP Enam Kali

Diskominfo Palopo Rabu, 02 Juni 2021 Pembangunan 771 Kali
Saat Foto Pemberian Cinderamata, 02 Juni 2021 (Awalani _Kominfo Palopo)

PALOPO - Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan Silaturahmi Bersama Walikota Palopo, yang dirangkaikan Penandatanganan MOU, terkait Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara dan Daerah, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Walikota Palopo, Rabu 2 Juni 2021.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful, SE., AK., MM. AC, menyampaikan Selamat Kepada Kota Palopo, atas kembali diraihnya WTP yang 6 kalinya, dan selamat juga atas capaian Zona Hijau Covid-19, di kota palopo  karena dengan segala upaya, dan langkah strategis yang telah dilakukan.

Serta sambutan yang telah diberikan semoga hubungan baik, dan sinergitas yang terjalin, dapat terus dijalankan dan ditingkatkan secara bersama.

Salah satu fungsi Kanwil DJPb Prov Sulsel, adalah melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan anggaran dan pembinaan teknis, sistem akuntansi pemerintahan lingkup wilayah provinsi Sulsel.

Pembinaan pelaksanaan anggaran dan sistem akuntansi pemerintahan, dilaksanakan dalam rangka mewujudkan good governance dilingkungan Pemerintah Pusat dan pemda.

Lanjutnya realisasi DAK fisik, Dana desa dan Dana Bos dapat diakses pada aplikasi minasata, yaitu aplikasi monitoring dana desa dan transfer daerah, sebuah aplikasi berbasis android yang dapat di download.

Dalam rangka peningkatan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan anggaran di daerah serta transparansi pelaporan keuangan, pemda perlu kiranya dilakukan kerjasama, komunikasi dan koordinasi, dengan memperhatikan prinsip-prinsip kesetaraan, kemanfaatan bersama dan keterbukaan informasi.

Penandatanganan Mou diharapkan dapat meningkatkan percepatan kerjasama, komunikasi dan koordinasi serta keterbukaan informasi antara pemerintah pusat dan pemda.

Sementara itu, Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan apa yang telah disampaikan oleh kakanwil yang telah kita dengarkan dengan baik yang sekaligus nanti kita implementasikan sehingga apa yang menjadi tugas kita perbaiki dalam hal pengelolaan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Tentu selaku walikota palopo terus menyampaikan kepada semua perangkat daerah bahwa segala sesuatu yang ingin kita lakukan cari dulu aturan apa yang mengatur tentang hal itu kemudian baca dan implementasikan." Ujarnya.

"Agar nantinya setiap kita melakukan hal-hal terkait dengan tugas kita itu dapat kita mengerti dan pahami maknanya dan tentu kita selalu meminta petunjuk agar apa yang menjadi harapan kita dapat berjalan dengan baik." Tambahnya.

Turut dihadiri Para Staf Ahli Walikota, Para Asisten, Kepala Inspektur Asir Mangopo, Kepala Bappeda Kota Palopo Hj. Raodatul Jannah, S.Sos, Kadis Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo Ibnu Hasyim, S.STP, serta undangan lainnya. (Awalani Azhar Mawardi_Kominfo Palopo).