Palopo – Untuk kedua kalinya, Gubernur Sulawesi Selatan H.Nurdin Abdullah menggelar video conference, Kamis(26/3/2020) dengan kepala daerah dan unsur Forkopimda se-Sulawesi Selatan sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama penanganan Covid-19.  Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir, MH saat mengikuti rangkaian video conference di kantor Dinas Koperasi Palopo tersebut menyampaikan kesiap siagaan jajaran pemerintah Kota Palopo dalam rangka menjabarkan arahan dan instruksi Gubernur Sulawesi Selatan.

Dalam arahannya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengajak seluruh pimpinan daerah untuk berperan serta mensosialisasikan social distancing kepada masyarakat secara intens guna menekan penyebaran virus corona. Nurdin Abdullah juga memerintahkan pimpinan daerah agar memperhatikan secara detail wilayah yang menjadi skala prioritas karena tidak seluruh wilayah mengalami dampak virus Corona yang sama.   Mantan Bupati Bantaeng tersebut juga mengingatkan agar stok persediaan sembako menjadi perhatian bagi pemangku kepentingan di daerah. "Saya berharap agar kita selalu memantau persediaan stok sembako untuk mengalokasikan bantuan sosial dengan pemberian sembako yang terstruktur" ucapnya seraya menegaskan agar pimpinan daerah mempersiapkan rumah sakit untuk antisipasi dan juga memfasilitasi hotel untuk melindungi tenaga paramedis yang telah bertugas di rumah sakit. "Jadi paramedis yang telah bekerja menangani kasus virus ini sebaiknya tidak langsung pulang, harus transit dulu disuatu tempat untuk mensterilkan kondisi guna melindungi diri dan keluarga" ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo melaporkan hingga tanggal 25 Maret 2020, total Orang Dalam Pemantauan  (ODP) di Kota Palopo sebanyak 22 orang. Dinas kesehatan telah bekerja semaksimal mungkin untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.  Judas Amir juga menyebutkan lapisan  masyarakat telah bersatu untuk melaksanakan himbauan pemerintah. Disela-sela video conference, Judas Amir berharap agar di Kkota Palopo terdapat dokter spesialis yang menangani khusus ODP dan PDP sehingga informasi mengenai pasien dapat lebih akurat. Turut mendampingi Wali Kota Pada kesempatan itu antara lain Sekda Palopo Firmanzah DP, asisten III Setda Palopo dr.Ishak Iskandar dan Kadis Kesehatan Taufiq S.Kep. (Ichzan_Diskominfo Palopo)