Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Siaga Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum 2024

Diskominfo Palopo Selasa, 14 Februari 2023 Pembangunan 663 Kali
Siaga Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024, 14/02/2023

PALOPO - Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Palopo Bapak Muh. Ihsan Asharuddin, S.STP., M.Si Mewakili Walikota Palopo Menghadiri Kegiatan Siaga (Pengawasan Satu tahun menuju Pemilihan umum tahun 2024) yang bertempat di Kantor Bawaslu Kota Palopo, Selasa (14/02/2023).

Laporan Ketua Panitia Ikhsan, S.Pi menyampaikan tujuan dari Kegiatan ini sebagai simbol Kesiapan Pemilihan umum menuju satu tahun tahapan Pungutan suara Pemilu tahun 2024.

Penguatan dan Sinergitas Aspek pencegahan pengawasan hubungan antar lembaga Partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat kepada stakeholders Terkait, penguatan hubungan antar Lembaga dalam pemilu tahun 2024, mengajak seluruh komponen bangsa untuk menciptakan pemilu dan damai, dan berintegritas melalui deklarasi.

Adapun  peserta dari Stakeholder dari Lembaga negara, pemantau Pemilu , penggiat Pemilu, organisasi kepemudaan, dan organisasi perempuan, dan wartawan, peserta internal dari panswaslu kecamatan sekota Palopo, sebanyak
27 orang, dan jajaran Bawaslu Kota Palopo.

Ketua Bawaslu Kota Palopo Dr. Asbudi Dwi Saputra,.S.H., M.Kn mengatakan Tujuan di adakan Kegiatan ini Melihat Kesiapan Jajaran hubungan antar Lembaga dengan stakeholder yang ada untuk bagaimana memaksimalkan dalam Pemilu tahun 2024, Khususnya di Ranah Pengawasan Pemilu.

Dan seluruh Jajaran Kota Palopo, Pengawas Pemilu Kota Palopo, siap untuk melaksanakan tugas Kepemiluan di tahun 2023 menuju ke tahun 2024, serta jajaran Bawaslu telah Merekrut
Sebanyak 27 Pengawas Kecamatan, dan disetiap kecamatan berjumlah 3 orang.

Dan di kecamatan kembali membentuk lagi pengawas kelurahan sebanyak 1 (satu) per kelurahan.

Sambutan Walikota Palopo yang di Wakili oleh Asisten I Muh. Ihsan Asharuddin, S.STP., M.Si mengatakan Kegiatan ini menandakan bahwa di mulainya Pengawasan Pemilu Menuju 2024, Kegiatan ini pada dasarnya untuk Mewujudkan Proses Demokrasi yang semakin berkualitas yakni cerdas, akuntabel, adil, Aspiratif & Partisipatif, serta semakin taat azaz yakni terpenuhnya hak dan kewajiban.
 
Maka Lembaga Penyelenggara Pemilu dan segebap elemen Aparatur negara memiliki bagian tanggung jawab yang strategis guna mendukung dan mengupayakan pencapaian tujuan ini.

Dirinya berharap upaya yang di lakukan Bawaslu Kota Palopo khususnya kegiatan kali ini akan lebih menguatkan Kesiapsiagaan dalam menjalankan peran, tugas, dan tanggungjawab pengawasan yang di emban.

Mampu melakukan pengawasan atas seluruh proses dan tahapan Pemilu, serta menjadi wasit yang baik dan benar dalam kontestansi demokrasi.

Pada Kesempatan ini Kembali saya mengingatkan tentang urgensi dari proses Demokrasi yang berkualitas.

Bahwa pada dasarnya dari praktek Demokrasi dapat melahirkan kepimpinan dan keputusan yang berkualitas, Menghasilkan strategi dan kebijakan yang sangat guna Akselerasi pencapaian kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan pada berbagai dimensi kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, saya pun mengajak kepada kita semua untuk senantiasa menjaga semangat kebersamaan integritas, Profesionalisme, dan solidaritas yang tinggi, dan saya berharap agar tetap menjaga memasang mata dan telinga untuk melihat keadaan yang terjadi di lapangan nantinya.

Turut hadir dalam Kegiatan ini unsur Forkopimda Kota Palopo, Ketua KPU Kota Palopo, Ketua KNPI Kota Palopo, serta jajaran Bawaslu Kota Palopo.