Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Sertifikasi Dan Pelatihan Barista, Tingkatkan SDM Masyarakat

Diskominfo Palopo Selasa, 29 November 2022 Kesra 141 Kali
Sertifikasi Dan Pelatihan Barista, 29/11/2022

PALOPO – Asisten II, Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ilham Hamid, SE.MM, mewakili Walikota, membuka Pelatihan Sertifikasi dan Pengolahan Penyajian Kopi (Barista) di Aula PLUT KUKM Kantor Dinas Koperasi & UKM Kota Palopo, Selasa 29 November 2022.

Panitia Pelatihan Barista dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo, Ardas,  mengemukakan bahwa kegiatan ini sudah diprogramkan oleh Pemerintah Kota Palopo, untuk membina dan memberikan pelatihan kepada masyarakat, dan ucapan terima kasih kepada  10 peserta setelah mengikuti pelatihan selama enam (6) hari,  akan ikuti ujian sertifikasi barista profesional, ssejumlah 20 0rang peserta yang akan memperoleh sertifikasi barista.

“Potensi kegiatan ekonomi yang  mempunyai prospek menguntungkan bagi masyarakat pelaku usaha kwecil menengah di Kota Palopo, diantaranya adalah pengolahan, dan penyajian kopi. karena kita ketahui bersama, budaya minum kopi saat ini, tengah marak di berbagai tempat, di warung kecil, cafee, bahkan di kantor, tradisi minum kopi saat ini tengah meningkat. dan penyajiannya tidak seperti dimasa lalu,  yaitu hanya menyeduh kopi dengan air panas, dan di tambah pemanis, Namun kini produk olahan minuman kopi mengalami perubahan yang drastis, karena terpengaruh oleh cita rasa dari peracik-peracik, baik dari ibu Kota, bahkan luar negeri. Oleh sebab itu, kini banyak pilihan bagi penyuka kopi, terhadap varian-variant kopi yang di inginkan Konsumen.” Ujarnya.

Lanjutnya, “Kepada peserta pelatihan, saya harapkan  untuk  serius mengikuti pelatihan ini, saya tahu untuk membentuk anda sebagai barista profesional,  panitia sudah menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang penyajian, pelayanan perkopian, dengan mengundang tenaga ahli barista kopi yang sudah sangat populer, mungkin dari Kota Palopo sendiri, atau mungkin Juga dari Luar Daerah, silahkan teman-teman mempelajari ilmunya, jangan segan-segan untuk bertanya, semoga  selesai kegiatan pelatihan   sini teman-teman para pelaku usaha UMKM , khususnya yang menekuni dunia perkopian,  bisa semakin mengembangkan usahanya sendiri.” (Tiaa/Asraf).