Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Seminar RIK sinkronkan RPJMD

Diskominfo Selasa, 01 Oktober 2019 Pembangunan 818 Kali
Pembukaan seminar RIK ( Foto : Irwandi_Diskominfo Palopo )

Palopo - Menindaklanjuti rapat RIK yang digelar pada tanggal 18 September 2019, Balitbangda Kota Palopo menggelar seminar Rencana Induk Kelitbangan (RIK) Kota Palopo 2019-2023 dengan tema penguatan kelitbangan dalam rangka mendukung pencapaian target strategis RPJMD Kota Palopo 2019-2023 di ruang pola kantor Wali Kota Palopo, Kamis (26/9/2019) yang dihadiri oleh sejumlah utusan perangkat daerah, camat, lurah dan perwakilan perguruan tinggi se-Kota Palopo.

Plt. Balitbangda Kota Palopo DR.H.Ishak Iskandar dalam laporannya menyebutkan rencana kerja Kelitbangan perlu di integrasikan dengan RPJMD Kota Palopo."Seminar ini sebagai sosialisasi dalam mendukung pencapaian sasaran strategis RPJMD kota Palopo" ucapnya. Dirinya juga menyebutkan tujuan khusus seminar ini adalah menghasilkan peran Kelitbangan Pemerintah kota Palopo yang terintegrasi.

Wali Kota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH yang membuka langsung seminar ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar ini adalah bagian dari keinginan untuk mewujudkan kota Palopo menjadi lebih baik. "Kesempatan ini jangan disia-siakan, kita harus bersinergi untuk pengembangan kota Palopo kedepannya karena ini adalah amanah, kebutuhan masyarakat harus kita seimbangkan" ujarnya. Sementara itu kepala bidang inovasi Balitbang provinsi SulSel Ir. Rajendra memaparkan indikasi program Kelitbangan daerah yaitu program prioritas bidang tata kelola dan pelayanan publik, bidang sosial dan kemasyarakatan, bidang ekonomi dan pembangunan daerah serta program prioritas bidang inovasi dan pengembangan IPTEK

Dirinya juga menjelaskan kondisi sumber daya Kelitbangan yaitu kelembagaan Kelitbangan daerah, SDM Kelitbangan, pendanaan Kelitbangan dan kerjasama Kelitbangan. Disamping itu, pakar sosiologi pedesaan Prof. Dr. Ir Darmawan Salman, MS menyebutkan cakupan tugas utama Kelitbangan yakni penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian dan evaluasi kebijakan.(Ichzan_Diskominfo Palopo)