PALOPO - Pemerintah Kota Palopo Melalui Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Palopo Bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Kota Palopo Menggelar Seminar Penelitian Dengan Tema "Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Dari Rumah Di Kota Palopo", di laksanakan di Kampoeng Seafood Ponjalae Jln.Lingkar, Rabu (13/10/2021)

Kepala Balitbangda Andi Enceng,SE.,M.Si, dalam Laporannya menyampaikan maksud penyelenggaraan seminar ini, adalah bagaimana siswa dan orang tua dalam menghadapi proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ini. Terkhusus bagi siswa SD dan SMP di Kota Palopo. Tujuannya, untuk memperoleh metode yang akan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar dimasa pandemi Covid-19 ini dengan Peserta seminar sebanyak 50 orang.

Di dalam pelaksanaan seminar penelitian badan penelitian dan pengembangan daerah (Balitbangda) dalam rangka penguatan salah satu program Walikota Palopo dimasa pandemi sekarang ini, di bidang penelitian juga sebagai fungsi pengembangan, untuk itulah kami mengundang para kepala sekolah sebagai bahan perbandingan kondisi di sekolah masing-masing.

Sementara itu, Mewakili Walikota Palopo, Asisten III bidang administrasi umum dan keuangan Setda Kota Palopo, Dr.dr. H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan mengacu pada surat edaran Kemendikbud nomor 40 tahun 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

Kemendikbud mengambil kebijakan untuk menghadapi pandemi salah satunya pembelajaran daring, penetapan pembelajaran daring adalah kebijakan yang paling menuai pro dan kontra.

"Pelaksanaan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pendemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pendemi covid-19, adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para peserta didik, para pendidik, tenaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat, pada umumnya dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi." Jelasnya.

Untuk itu, diharapkan dalam seminar ini, dapat mencurahkan pikiran dan pendapat, guna menghasilkan sebuah rumusan baik dan bijak, yang terkait dengan perkembangan pendidikan di Kota Palopo dimasa akan datang.

Turut hadir, Rektor dan Ketua LPPM, Perguruan Tinggi di Kota Palopo, Perwakilan Kepala Sekolah tingkat SD, SMP di Kota Palopo, Perwakilan Ketua Komite SD dan SMP di Kota Palopo.