Palopo – Dalam rangka menyikapi dan mencegah adanya jajanan yang kurang sehat,  Badan Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM ) Sulawesi Selatan menggelar bimbingan teknis terkait intervensi keamanan pangan jajanan anak sekolah bagi pihak sekolah se-Kota Palopo. Bimtek tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris daerah Kota Palopo, H.Jamaluddin Nuhung, MH di Hotel Mulia Indah, Kamis(3/10/2019).

Kabid informasi dan komunikasi provinsi Sulawesi Selatan, Erni Arnida, A.Pt, MM dalam kesempatan itu mengingatkan pentingnya pihak sekolah mendorong tersedianya jajanan sekolah yang aman, bermutu dan bergizi di setiap kantin sekolah.   “ Karena itu, pihak sekolah perlu melakukan pemantauan dan pengawasan secara berkala terhadap jajanan sekolah, dan menghimbau pihak pengelola kantin untuk menjual jajanan yang memenuhi syarat gizi dan bermutu “ ujarnya seraya mengungkapkan bahwa saat ini sebanyak 1.335 sekolah yang telah melakukan program intervensi keamanan pangan.   

Senada dengan hal itu, Sekda Palopo H.Jamaluddin Nuhung mengingatkan pihak sekolah agar materi bimtek yang diterima dapat dijabarkan sebagaimana mestinya. “ pengawasan jajanan perlu diwujudkan secara berkesinambungan demi mendukung pertumbuhan anak-anak kita semua, karena bila tanpa itu mereka akan sangat rentan terhadap penyakit “ ujarnya seraya mewaspadai adanya kandungan berbahaya dalam jajanan sekolah. Sekda Palopo yang dalam kesempatan itu juga didampingi oleh plt.Kepala dinas pendidikan Asnita Darwis, S.STP juga mengajak setipa anggota keluargamemberikan perhatian tersendiri bagi pemenuhan gizi jajanan yang mereka konsumsi.

Dibagian akhir acara pembukaan bimtek tersebut dilaksanakan pula penandatangan berita acara terkait kesepahaman dalam pelaksanaan edukasi dan pengawasan jajanan / pangan di setiap sekolah.   Bimtek yang juga diikuti oleh para pengelola kanti se-kota Palopo tersebut menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya  Dra.Nurtati Rahman,Apt .,M.Kes, Erni Arnida.,Apt.,MM, Dra.Pababbati,Apt MM. dan Dra .Conita Fitriani,Apt, SKM. ( Nurul Hikmah/ Nur Afni/Miftahul Jannah_Diskominfo Palopo )