Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Sekda Pimpin Upacara Di SMAN 3 Palopo, Pesannya "Stop Perundungan dan Kuasai Bahasa Asing"

Diskominfo Palopo Senin, 12 Desember 2022 Pembangunan 193 Kali
Sekda Pimpin Upacara Di SMAN 3 Palopo, 12/12/2022

PALOPO -  Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si mewakili Walikota Palopo menjadi Pembina Upacara Bendera di SMA Negeri 3 Palopo pada hari Senin, 12 Desember 2022.

Sekda Kota Palopo menyampaikan, “Kami selaku Pemerintah Kota Palopo menjadi Pembina upacara, bukan hanya disini, tetapi disekolah lain juga dihadiri bapak Dandim 1403 Sawerigading dan bapak Kapolres Palopo sebagai Pembina Upacara. Ini kami laksanakan bekerjasama dengan Kepolisian dan TNI supaya kita mengetahui bahwa Pemerintah juga hadir diantara anak-anakku sekalian. Kita hadir dalam hal mengantisipasi apa yang selama ini sudah menjadi tren dan berkembang diantara pelajar seperti yang sudah dibacakan Ikrar Pelajar Andalan Sulawesi Selatan. Dimana dalam ikrar tersebut berisi penolakan segala bentuk perundungan/bullying, tawuran dimana pun berada, menolak segala bentu intoleransi dan radikalisme, serta menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya.

“Disekolah lain ada beberapa siswa yang terlibat dengan hal tersebut. Patut kita syukuri di SMA Negeri 3 Palopo tidak ada yang terlibat dengan hal-hal tersebut. Namun selaku pemerintah kami harus selalu mengingatkan kepada anak-anakku semua kalau ada teman-temannya yang cenderung berprilaku seperti yang sudah disebutkan tadi segera disampaikan kepada Bapak/Ibu guru sehingga kita bisa mencegah hal yang tidak kita inginkan. Saya berharap keadaan seperti ini tetap kita pertahankan, tidak ada kekerasan, tidak ada bullying, tidak ada intoleransi dan radikalisme, tidak ada yang terlibat narkoba. Semoga tidak ada hal seperti itu terjadi di Kota Palopo. “ tambahnya.

Kedepannya tantangan yang kita hadapi semakin berat. Anak-anakku sekalian harus siap menjemput masa depan. Karena kita sendiri yang ciptakan masa depan, kita harus siapkan mulai sekarang. Karena kalau tidak kita persiapkan dari sekarang, kita akan menjadi orang yang tidak berguna dimasa depan yang hanya menggantungkan hidup kepada orang lain. Saya berharap semua menjadi orang yang sukses, orang yang bisa berguna bagi sesamanya dan masyarakat.

Hal-hal yang harus kita persiapkan dari sekarang adalah yang pertama, pelajari agamamu. Karena semua agama mengajarkan serta menuntun kita untuk kehidupan yang lebih baik, dunia maupun akhirat.  Yang kedua kuasai bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Kedepan kita akan dapat berinteraksi dengan seluruh penduduk didunia. Kuasai bahasa Supaya dunia berada dalam genggamanku. Yang ketiga kuasai Ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK), jangan sampai jadi gaptek. Jangan menyebar berita HOAX karena akan melanggar UU ITE dan akan berurusan dengan kepolisian. Jangan langsung terima berita yg ada begitu saja. Saring dulu baru sharing.

“Terakhir pesan saya, belajar mulai sekarang untuk menulis. Kedepannya kita bisa mengekspresikan apa yang ada dibenak kita. Karena yang dibutuhkan adalah orang-orang yang bisa mengekspresikan pikiran-pikiran dan  menyampaikan ide-idenya kedalam tulisan. Diharapkan Bapak/Ibu guru untuk membimbing siswanya.” Tutupnya.

Turut hadir Jajaran SMA Negeri 3 Palopo, dan para siswa. (Awalani/Wira).