Palopo-  Jajaran SDN 5 Salamae Kota Palopo patut berbangga karena upaya dan komitmennya untuk mewujudkan sebagai sekolah sehat tingkat provinsi Sulawesi Selatan kini terwujud.  Hal itu dibuktikan dengan ditetapkannya SDN 5 Salamae sebagai sekolah Sehat tingkat provinsi melalui Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan yang diserahkan oleh Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir, MH di sela-sela acara halal bi halal Pemerintah Kota Palopo, Rabu(13/6/2019) di ruang pola Kantor Wali Kota Palopo.

Ketika ditemui kru www.palopokota.go.id , kepala SDN 5 Salamae Hj.Sitti Baderiah, S.Pd. M.Si mengaku bangga atas pencapaian tersebut. “ Saya bersyukur kepada Allah SWT dan saya berterima kasih kepada pemerintah Kota Palopo, khususnya kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta seluruh jajaran dinas pendidikan “ ujarnya seraya mengaku akan mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba serupa pada tingkat nasional.   Menurutnya persiapan mengikuti lomba sekolah tingkat nasional sangat banyak yang harus dikoordinasikan dengan sejumlah stakeholder termasuk kemitraan dengan komite sekolah.

Dirinya meyakinkan kepada semua pihak bahwa sekolah sehat itu tidak mesti tampak cantik dan indah, namun lebih utama adalah memenuhi kriteria kesehatan, termasuk orang-orang didalamnya harus sehat jasmani dan rohaninya.

“ Insya kami sangat optimis juara satu lomba sekolah sehat tingkat nasional, saya yakin karena tekad saya menjadi juara sangat tinggi, selain itu persiapan kami juga sudah mantap , dan semoga Allah meridhoi “ tuturnya dengan gaya khasnya seraya mengaku bahwa kebanggaan atas prestasi itu bukan saja menjadi kebanggaan sekolah yang dipimpinnya , melainkan juga bagi Pemerintah Kota Palopo.

Sitti Baderiah juga mengaku bahwa pihaknya akan berupaya mempertahankan prestasi membanggakan tersebut . “ Kalau perlu kita bisa go internasional “ ucapnya penuh bangga.

Sebelumnya, pada (31/1/2019) tim penilai sekolah melakukan penilaian terhadap sejumlah sekolah yang mewakili Kota Palopo pada ajang bergensgi tersebut diantaranya TK Asbari, SDN 5 Salamae dan SMPN 8 Palopo. Adapun lokus yang menjadi penilaian oleh tim yang dipimpin oleh Ka.Biro Kesra setda Provinsi Sulawesi Selatan tersebut antara lain, kantin, perpustakaan, RKB, dan WC.  Saat itu, ketua tim penilai, Ka. biro kesra Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa pelaksanaan program sekolah sehat harus terlaksana secara berkesinambungan demi kenyamanan dalam proses belajar mengajar. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )