Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Sanggar Seni "Sallang Ri Luwu" Meriahkan Acara Peringatan HJL Ke 755 & HPRL Ke- 77

Diskominfo Palopo Selasa, 17 Januari 2023 Kesra 527 Kali
Acara Peringatan HJL Ke- 755 & HPRL Ke- 77

PALOPO - Acara Peringatan Hari Jadi Luwu ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu ke 77 Kota Palopo tahun 2023 di lapangan Pancasila terus berlanjut, malam ini adalah malam ketiga pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sebelumnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam perhelatan ini diantaranya perlombaan Qasida antar Kecamatan, penjualan produk UMKM, Pentas Seni Budaya, Permainan Rakyat dan Pasar Murah, yang akan berlangsung hingga 20 Januari 2023 mendatang.

Dengan tema "Ekonomi Tumbuh Tanah Luwu Sejahtera", Lapangan Pancasila dipadati berbagai kegiatan dan aktifitas dari warga Kota Palopo maupun warga diluar Kota Palopo yang menyepatkan diri untuk datang di Kota Palopo dan ikut memeriahkan Peringatan Hari Jadi Luwu ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu ke 77 Kota Palopo tahun 2023.

Tandi Raja salah satu pengunjung berasal dari Kab.Luwu yang juga mewakili Dinas Pariwisata Kab.Luwu mengatakan sengaja mendatangkan Sanggar seni binaan Dinas Pariwisata Kab.Luwu "sallang ri luwu" untuk hadir dan turut memeriahkan kegiatan.

Dengan menampilkan tari Ta'bi Ballona Tongkonan tarian yang diangkat dan kolaborasi dari Passailo' putri Bangsawan penghuni Banua APa' Tongkonan Annan Pulona Basse Sangtempe, dimana dahulu kala disetiap acara adat ditongkonan maka putri Bangsawan kerabat Tongkonan menghibur para undangan dengan tariannya Yang dalam bahasa tutur To Basse Sangtempe disebut Massailo.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kota Palopo, dr Hj Utia Sari Judas M.Kes, yang hadir juga sekaligus selaku dewan juri didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Palopo Isnada Firmanza dan Hj. Marhuma S.kom perwakilan Kemenag Kota Palopo pada malam ke tiga ini menyaksikan lanjutan Perlombaan Qasida antar Kecamatan perwakilan dari Kecamatan Wara, Sendana, Mungkajang dan Wara Utara.

Kegiatan ini juga dimeriahkan persembahan tarian dan musik dari berbagai sanggar yang ada di Kota Palopo, Sanggar Seni BA. management, HMK UNISMUH, Banoanta, Sanggar Seni SMP Neg.3, SMP Neg.6 Palopo, Sanggar Seni L' Art ati Dewantara dan Sanggar Seni S2UCP.