Palopo- Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Kota Palopo diwarnai dengan kegiatan kerja bakti yang digagas oleh Kodim 1403 Sawerigading bersinergi dengan jajaran pemerintah Kota Palopo dan Polres Palopo.  Kegiatan dipusatkan di kawasan tanjung ringgit Palopo, kamis(21/2/2019) diawalai dengan apel oleh peserta kerja bakti di pelataran kantor Dinas Kelautan dan perikanan Kota Palopo.

Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Palopo , H.Rahmat Masri bandaso mewacanakan perlunya peraturan daerah dalam hal penanggulangan sampah. Hal ini menurut mantan Ketua DPRD Palopo tersebut dikarenakan produksi sampah Kota Palopo dari waktu ke waktu makin tinggi. “ Saat ini,per harinya jumlah sampah di Kota Palopo mencapai 80 ton dengan daya angkut yang sangat terbatas, karena itu perlu ada upaya bersama dari semua pihak untuk mengatasinya, kedepan kita perlu menyusun peraturan daerah untuk mengurangi sampah, bahkan perlu ada regulasi yang mengatur sanksi bagi siapa saja yang memproduksi sampah melebihi kapasitas yang telah ditentukan“ ujarnya seraya mengajak semua elemen masyarakat menumbuhkembangkan kepedulian terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat.  Ia berharap kebersihan kota Palopo perlu senantiasa dijaga.     

Dalam kerja bakti itu, orang nomor dua di Kota Palopo tersebut turun langsung berbaur dengan personil TNI-Polri berpeluh keringat mengangkat sampah pada tepi laut teluk Bone. Dirinya mengaku ingin member keteladanan dalam menjaga kebersihan lingkungan hidup. Kerja bakti yang mengusung tema “ kelola sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai  “ itu juga diikuti oleh Kasdim 1403 Sawerigading dan sejumlah perwira TNI-Polri dan sejumlah perwakilan masyarakat pesisir yang berada di wilayah kelurahan Ponjalae, kecamatan Wara timur. ( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )