Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Rembuk Persiapan Peringatan HUT RI Di Kota Palopo

Diskominfo Palopo Selasa, 11 Agustus 2020 Pemerintahan 570 Kali
Rapat Persiapan HUT RI, 11/08/2020, Foto Awalani Azhar_Diskominfo Palopo

PALOPO - Menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat pemantapan pelaksanaan upacara. Pertemuan itu dilaksanakan diruang kerja Asisten Tata Pemerintahan (Asisten 1) Setda Kota Palopo, Selasa, (11/08/2020).

Pada rapat pemantapan itu, hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan olahraga, Nuryadin, Plt.Kepala Dinas Pendidikan, Asnita Darwis, Kabag Umum setda Kota Palopo, perwakilan dari TNI-polri, pemadam kebakaran dan undangan lainnya.

Asisten Pemerintahan, Burhan Nurdin, pada kesempatan itu mengatakan pelaksanaan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 tetap mengacu pada pedoman HUT ke-75 proklamasi kemerdekaan RI dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia dengan Nomor : B-442/M.Sesneg/Sek/TU.00.04/07/2020. "Kita akan gunakan pola minimal, mengingat upacara yang akan kita laksanakan itu terbatas berdasarkan petunjuk dari pusat", ungkap Burhan Nurdin.

Asisten I melanjutkan, Ada 3 agenda utama yang akan dilaksanakan, yakni Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di TMP palopo, upacara pengibaran bendera/detik-detik proklamasi, dan upacara penurunan bendera pada sore hari.

"Upacara hut RI kali ini dilaksanakan di halaman kantor walikota, dan hanya akan diikuti 10 regu (2 regu bersenjata), dengan peserta sekitar 70 peserta. Tidak ada paduan suara, hanya ada korsik. Begitupun dengan undangan, hanya terbatas pada unsur forkopimda," jelasnya. Setelah upacara, akan dilanjutkan di ruang pola kantor Walikota. Dimana walikota bersama unsur Forkopimda akan mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta secara virtual sekitar pukul 11.17 WITA," lanjut Burhan Nurdin.

Masih menurut Burhan Nurdin, setelah upacara penurunan bendera, akan dilanjutkan shalat magrib bersama. Pada kesempatan itu juga, Asisten I mengimbau masyarakat untuk menyaksikan detik-detik proklamasi melalui televisi. (red.Usni_diskominfo Palopo)