Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Kota Palopo Ke-19

Diskominfo Palopo Jumat, 02 Juli 2021 Pemerintahan 1157 Kali
Rapat Paripurna Dalam Rangka HUT Kota Palopo Ke-19, 2/7/2021 (Tim Fotgrafer/Peliput_Kominfo)

PALOPO - Rapat Paripurna Dalam Rangka Peringatan HUT Kota Palopo Ke-19,  dilaksanakan secara Virtual dengan tema "Tangguh dalam Kebersamaan" dan dihadiri langsung Plt Gubernur Sulsel. Dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan, di Ruang Pertemuan Ratona, Kantor Walikota Palopo. Jumat 2 Juli 2021, Pkl.14.00 Wita.

Pembukaan Rapat Paripurna oleh Ketua DPRD Kota Palopo, Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kp.,M.Kes, mengucapkan terima kasih, atas kehadiran para tamu undangan yang sudah berkunjung ke Kota Palopo, dan point dari sambutannya, adalah kita semua mesti melanjutkan estafet perjuangan para pendahulu, yang telah membangun kota ini, Kota Palopo.

Sementara itu, Walikota Palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, MH, menyampaikan bahwa tema yang diusung, dalam peringatan HUT Kota Palopo kali ini, adalah " Tangguh Dalam Kebersamaan ", tema ini dipilh atas dasar kesadaran kita, bahwa ketangguhan dengan semangat kebersamaan, adalah syarat utama untuk sukses dalam upaya pemulihan ekonomi daerah, sebagai bentuk konsisitensi dalam mewujudkan visi Kota Palopo, yakni “Maju, Inovatif Dan Berkelanjutan”

Adapun harapan Walikota Palopo, "Saya berharap agar tema ini dapat dimaknai sebagai tekad dan semangat yang tangguh bagi segenap Jajaran Pemerintah Kota Palopo, masyarakat dan stakeholder lainnya untuk secara bersama bahu membahu membangun daerah". Ungkapnya

“Contoh sederhana adalah acara peringatan HUT Kota Palopo ke-19 ini, dilakukan dengan sangat sederhana, peserta yang hadir secara langsung dibatasi, selebihnya secara virtual. Demikian halnya berbagai seminar dan rapat baik skala daerah maupun nasional, proses belajar di sekolah, perkuliahan kesemuanya dilakukan tanpa tatap muka secara langsung.” Tambahnya.

Lanjutnya, “Mobilitas penduduk dibatasi, pemeriksaaan kesehatan untuk Covid19 sering kali dan dimana-mana, aktivitas ibadah, perdagangan, layanan publik, penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, semuanya terbatasi sejalan dengan penerapan Prokes Covid19.”

Walikota Palopo juga mengucapkan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak. "Kami sadar bahwa kesinambungan program yang dirintis oleh pemerintah Kota Palopo tidak akan dapat terealisasi dengan baik jika tanpa dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Kota Palopo. Sejalan dengan itu, kami juga tetap berharap dukungan maupun perhatian pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar benar-benar dapat menghantarkan Kota Palopo sebagai salah satu pilar utama perekonomian Sulawesi Selatan". Jelasnya.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T dalam sambutannya mengatakan, “Ini hari usia ke-19 Palopo,  untuk membangun Luwu Raya, adalah kami tetap komitmen di visi misi  2018-2023.“

"Tadi saya catat-catat,  ini mungkin yang menjadi informasi kepada bapak pimpinan dan juga DPRD.  Saya hitung-hitung dari tahun 2019-2021 Luwu Raya itu sudah Rp 720 miliar total di sini,  luar biasa". Jelasnya.

"Alhamdulillah, Kota Palopo ini,  jika terbangun di sekitarnya dan menjadi sentra barang dan jasa, maka semuanya akan ke Palopo. Saya juga sudah mengajukan proposal bagaimana Palopo ini menjadi wilayah strategis, sehingga dapat menjadi penghubung untuk Luwu Raya di bidang transportasi menuju Makassar New Port". Sambungnya

Dan nanti Pelindo yang akan masuk,  fungsi dari masuknya Pelindo, nanti untuk distribusi barang dan jasa dan diselesaikan administrasinya, sehingga dwilling time itu tidak lama.

Harapannya nanti ketika kombinasi antara darat dengan dry portnya, itu pelabuhan darat, adalah tempat di mana berkumpulnya semua sistem-sistem perizinan terintegrasi, dan lebih baik lagi.

Turut Hadir, Datu Luwu, Sri Paduka Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, Wakil Ketua DPRD/Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Walikota Palopo, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan,  Unsur Forkopimda Kota Palopo, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kota Palopo, para Rektor /Pimpinan Universitas Se-kota Palopo, Pimpinan BUMN, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Agama. (red/Tim Peliput_Kominfo)