Palopo – Menjelang pelaksanaan Pemilu 17 April 2019, Badan Kesbangpol Kota Palopo menggelar rapat koordinasi forum pimpinan daerah di ruang pola kantor Wali Kota Palopo, Senin( 15/4/2019).  Dalam penyampaiannya dihadapan peserta rakor tersebut, kepala Badan Kesbangpol H.Baso Sulaiman menyebutkan bahwa penyelanggara Pemilu sudah melakukan persiapan semaksimal mungkin demi sukses dan lancarnya pesta demokrasi tersebut. Dirinya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi itu adalah untuk mewujudkan penguatan koordinasi dan sinergi  antar penyelenggara dan stakeholder terkait.

Sementara itu ketua KPU Abbas Johan dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa KPU Palopo sudah siap 100% dalam menyelenggarakan pemilihan umum. Pihaknya juga terus  meng update informasi di lapangan.  Dirinya juga menyakinkan bahwa pihaknya akan bertindak tegas sejingga jika ada  penyelenggara yang tidak netral maka SK-nya akan dicabut. Abbas juga melaporkan distribusi logistik Pemilu sudah akan dilakukan pada hari Selasa 16 April 2019.  Berkaitan dengan hal itu pihaknya mengaku akan memprioritaskan pendistribusian logsitik terjauh dalam wilayah Kota Palopo, yakni 4 TPS di kelurahan Peta, kecaman Sendana. Abbas menambahkan bahwa pihaknya mendapat jaminan dari PLN untuk membantu penerangan selama pelaksanaan Pemilu pada tanggal 17 April 2019. “ kami juga berharap agar bapak Wali Kota Palopo dapat memberikan izin kepada ASN yang menjadi anggota KPPS pada pemilu ini “ pintanya.

Sejalan dengan itu, Kapolres Palopo AKBP Ardiansya berterima kasih kepada jajaran Pemkot yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Pemilu ini seperti pengecekan anggota Linmas TPS yang sudah dilaksanakan pekan lalu lalu. "Kita semua harus all out untuk  mendukung terlaksananya pesta demokrasi 5 ( lima ) tahunan ini" ucap mantan Kapolres Sinjai itu.  Mengenai persiapan TPS yang berada di Lapas, Polres Palopo siap mengawal pengamanannya. Sementara itu, Wali Kota Palopo menghimbau agar ASN yang menjadi anggota KPPS betul betul menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. "Mengenai izin ASN, sebaiknya KPU bersurat ke saya agar saya mengetahui daftar ASN yang menjadi anggota KPPS dan kemudian saya akan memberikan izin tertulis" tambahnya.

Turut hadir dalam rakor ini Dandim 1403 SWG Letkol Inf. M. Imasfy, ketua DPRD Palopo Harisal Latief, Ketua pengadilan Palopo Ignasius Eko Purwanto, tokoh masyakarat, tokoh pemuda dan Panwaslu. (Ichzan_Diskominfo Palopo)