Palopo - Rakernas pembangunan nasional tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko widodo. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kadis Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo Ibnu Hasyim, S.STP dalam hal ini mewakili Walikota Palopo yang dilaksanakan secara Virtual di rumah jabatan Walikota Palopo, Senin 11/01/2020.

Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo dalam laporannya menyampaikan pertemuan ini dalam rangka pembahasan program kerja Kementerian Pertanian tahun 2021. Yang dituangkan pada pokok bahasan "Memperkuat Sektor Pertanian dalam menopang pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19."

Penandatangan MoU antara Kementerian Pertanian bersama dengan Kementerian BUMN dan Menteri Lainnya juga di lakukan pada kegiatan tersebut. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa FAO telah memperingatkan potensi terjadinya krisis pangan untuk itu berhati-hatilah akibat pembatasan sehingga distribusi pangan dunia menjadi terkendala.

"Terutama yang berkaitan dengan komoditas pertanian yang import seperti kedelai, jagung, gula, beras, bawang putih dan komoditas yang import lainnya segera dicarikan jalan terbaiknya agar bisa diselesaikan." Ungkapnya

Kita harus membangun sebuah kawasan jangan yang kecil paling tidak tahun ini yang di Kalimantan dan Sumatera Utara itu akan dievaluasi sehingga pembangunan dapat dioptimalkan (red.Usni_Diskominfo Palopo)