Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu Ke- 755, dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu Ke-77

Diskominfo Palopo Senin, 23 Januari 2023 Pemerintahan 3463 Kali
Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu Ke- 755, dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu Ke- 77,23/01/2023

PALOPO - Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu Ke- 755, dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu Ke - 77 yang dipusatkan di Kota Palopo tahun 2023, berlangsung Sukses dan Meriah di Lapangan Pancasila Palopo, Senin 23 Januari 2023.

Pembukaan diawali dengan defile budaya dari Kabupaten Se- Tana Luwu dengan berpakaian adat dan Penampilan tarian tradisional tari sumange sipakalebbi dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Luwu Ke - 755 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu Ke - 77.

Walikota Palopo Bpk Drs. H.M. Judas Amir, MH menyampaikan Adapun tema yang di usung adalah Ekonomi Tumbuh, Tana Luwu Sejahtera tema ini dipilih dengan kesadaran dan harapan bahwa melalui upaya bersama dan bahu membahu.

Bahwa seluruh elemen pemerintah dan masyarakat se tana Luwu dalam menggerakkan roda pemerintahan daerah kita mampu mendorong kehidupan masyarakat tana Luwu agar lebih sejahtera.

Oleh karena itu kita berharap agar tema ini dapat dimaknai sebagai semangat dan tekad seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat tana luwu membangun dan memajukan daerah tana luwu sebagai bagian memajukan NKRI.

Gubernur Sulawesi Selatan H. Andi Sudirman Sulaiman, ST., menyampaikan Apresiasinya karena kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin ini membuktikan bahwa luwu raya adalah satu kesatuan.

"Luwu Raya adalah salah satu proyeksi strategis Sulsel terbukti bahwa kita telah melakukan pembangunan di Luwu Raya tapi masih ada beberapa daerah yang akan dilakukan pembangunan selanjutnya."

Gubernur juga sampaikan sudah hampir satu triliun ke Luwu raya, ini satu bentuk komitmen bahwa bagaimana di luwu raya ini kita akan terus melakukan pembangunan sampai selesai periode ini.

Yang paling penting adalah kita harus selalu bahu membahu kepada bupati dan Walikota marilah kita sama-sama berjuang dan bekerjasama bagaimana pemulihan ekonomi dan penanganan inflasi.

Dilanjutkan penyerahan sertifikat tanah aset pemerintah dari BPN kepada Pemerintah Kota Palopo dan penyerahan sertifikat program PTSL dari BPN kepada Masyarakat.

Serta penyerahan bantuan pemerintah dalam keadaan tertentu darurat penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi dan kerbau yang diserahkan langsung oleh Walikota Palopo Bpk Drs. H.M. Judas Amir, MH.

Dilanjutkan pula penandatanganan prasasti atas peresmian gedung kantor dinas pertanian kota Palopo, peresmian gedung Picu dan Nicu rumah sakit dr. Palemmai tandi, peresmian renovasi/penambahan ruang puskesmas wara selatan dan peresmian rehabilitasi sarana, prasarana DAN utilitas SMP Negeri 6 Palopo.

Turut dihadiri Bupati Se- Tana Luwu, Datu Luwu Ke 40 La Maradang Mackulau Opu To Bau, SH bersama Permaisuri, Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M.,Si, Forkopimda Se tana Luwu, Anggota DPRD Se Tana Luwu.

Dan dihadiri pula Ketua TP PKK Kota Palopo Kota Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DWP Isnada Firmanza, Pimpinan Perangkat Daerah Se Kota Palopo, Pimpinan BUMN/BUMD, Para Camat dan Lurah Serta Masyarakat Kota Palopo.