Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Potensi SDA Perikanan TPI Kota Palopo

Diskominfo Palopo Senin, 13 Juni 2022 Pojok 1687 Kali
Potensi SDA Perikanan TPI Kota Palopo, 13/06/2022

PALOPO - Letak Kota Palopo yang berbatasan langsung dengan teluk Bone, memberikan konstribusi yang besar terhadap perekonomian, salah satunya adalah sub sektor perikanan. Produksi budidaya perikanan di dominasi oleh perikanan laut dengan jumlah produksi 11.423,20, ton.

"Untuk TPI ini sendiri masih sangat aktif untuk pelelangan ikan dan sangat diperlukan untuk warga sebagai akses jual beli” ujar ibu Hj. Nurlaeli, Kepala Dinas Perikanan.Senin,13 juni 2022, saat ditemui di TPI Kota Palopo.

Adapun masalah/hambatan yang warga keluh kesahkan pada tempat pelelangan ikan ini (TPI) ,dimana pada bulan ini sering terjadi hujan dimana para Nelayan susah untuk mencari ikan karena dihawatirkan nya badai .Sehingga ikan-ikan di pasaran juga harga nya menjadi naik.
“iye, kendala pertama itu hujan ,jadi takutki ke tengah laut untuk cari ikan .akses jual beli juga disini sampai jam 11 siang baru dibawa lagi kepasar,belum lagi kalau habis ji dipasar ,karena ikan juga tidak bisa tinggal lama-lama takut ki busuk”. Ujar dari salah satu pedagang.

Dalam solusi perikanan ini sendiri dimana upaya peningkatan kesejahteraan tersebut, di antaranya melalui program asuransi nelayan, kelembagaan nelayan punya akses serta daya tawar lebih kuat, berbagai fasilitas pendanaan, juga pelatihan diversifikasi usaha. (r/novi_kominfo)