Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Porang Tanaman Unggulan Akan Dikembangkan Di Seluruh Sulawesi

Diskominfo Palopo Sabtu, 24 Oktober 2020 Pembangunan 1300 Kali
Sosialisasi Tanaman Porang, 23/10/2020 (dok.Setda)

PALOPO - Pemerintah Kota Palopo Melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo Menggelar Sosialisasi Budidaya dan KUR Tani Porang Kota Palopo, tentang tanaman porang sebagai salah satu tanaman yang hasilnya akan menjadi pendapatan dari masyarakat dalam bertani yang juga akan dikembangkan di seluruh Sulawesi. Dilaksanakan di Auditorium Saokotae, Jumat 23 Oktober 2020.

Doddy Sumahardi Kepala Cabang BRI Kota Palopo Menyambut baik terkait sosialisasi. Dan Dari bank BRI memberikan support dan mendukung program ini sebagaimana yang sudah dijalankan di sidrap, Takalar, dan kabupaten lainnya semoga kota palopo juga kedepan sukses dalam bertani porang.

"Terkait dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pihak BRI terus berkomitmen menyalurkan KUR kepada para nasabah dan berkomitmen ikut membantu ekonomi termasuk dibidang pertanian". Ujarnya

Untuk tanaman porang ini dapat menghasilkan kurang lebih 8 bulan dalam mengantisipasi hal ini pihak BRI memberikan jenis KUR musiman yang pembayarannya dilakukan pada saat sudah menghasilkan.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan H. Syaharuddin Alrif, S.IP., MM yang juga selaku pembina PT. AL Fatih porang indonesia sebagai apteker pengembangan budidaya dengan pola kemitraan dengan fasilitas kredit usaha rakyat pertanian di sulawesi selatan.

Menyampaikan Di kabupaten sidrap telah kita lakukan untuk menanam porang dan Alhamdulillah berhasil setelah berhasil akan di sebarkan ke seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

Ini merupakan salah satu dorongan dari Walikota Palopo sesuai dengan keinginan Presiden RI dan Menteri Pertanian Pemerintah turun tangan untuk mengubah mainset dan pola petani itu sendiri.

Sebelum melakukan penanaman kita sekolah terlebih dahulu yang dinamakan sekolah porang dan ada 4 unsur yang terlibat yaitu pemerintah pusat kemudian BRI pusat kemudian petani dan offtaker yang akan menjadi satu wadah.

Dalam wadah ini lanjutnya akan mengajarkan kepada para petani seperti metode ilmu budidaya, sarana dan fasilitas modal lewat kredit usaha rakyat akan disiapkan oleh BRI yang dijamin oleh offtaker.

Perlu diketahui bersama porang adalah sejenis tanaman yang tumbuh di hutan dan tumbuh bebas di mana saja. "Mengapa kemudian porang ini banyak diminati di luar negeri karena tanaman ini dijadikan sebagai pengganti beras dan dijadikan sebagai bahan pokok.

Pertanian mengatakan permintaan dari luar negeri sekarang ini mencapai 500 ribu ton per tahun dalam bentuk tepung tapi indonesia baru mencukupkan 48 ribu ton sehingga menteri pertanian syahrul yasin limpo menjadikan sulawesi selatan sebagai sentra produksi porang yang ada di seluruh Sulawesi.

Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan sangat mendukung sepenuhnya jika masyarakat Palopo dapat bertani porang dan kita yakini bahwa apa yang akan kita lakukan ke depan ini dapat membantu kehidupan kita.

"Ini merupakan salah satu usaha yang dapat kita lakukan khususnya untuk masyarakat kota palopo jika kita kerjakan hal ini secara baik kita akan mendapatkan sesuatu yang baik pula dan tentu akan menghidupi keluarga kita." Pungkasnya. (red.Usni_Diskominfo Palopo)