Kementerian dalam Negeri  menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) virtual pusat dan daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan program pertashop kerjasama pemerintah dalam Negeri dengan PT. Pertamina tahun 2020 dengan Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia. Tentang Pertashop yang  akan menjadi entitas bisnis di tingkat Desa. Bertempat di ruang rapat pimpinan lt. 3 secara virtual Rabu, 09 September 2020.
 
Untuk Pemerintah Kota Palopo,  Walikota Palopo di Wakili oleh Ass III DR. dr. H. Ishak Iskandar, mengikuti Rakor tersebut. Hadir juga Komisaris utama pt. Pertamina persero diwakili oleh Chandra Kirana mengatakan pertashop (pertamina shop) ini untuk memudahkan masyarakat yang ada di daerah untuk memenuhi keperluan  yang jauh dari jangkauan dari SPBU sehingga tidak jauh untuk mendapatkan SPBU.
 
Pemerintah (Kementrian Dalam Negeri)  menginisiasi program pertashop bersama pertamina, karena pertamina merupakah energi nasional yang sahamnya di miliki oleh Pemerintah 100 persen.
 
"Pemerintah berharap energi dan BBM bisa di nikmati dan di jangkau oleh masyarakat, kami dari komisaris akan akan terus mengawal dan Meminta direktur utama PT. Pertamina persero supaya target tahun 2020 bisa tercapai"
 
4308 pertashop terbangun di seluruh Indonesia, namun yang beroperasi hanya sekitar 500 outlet pertashop. (red. Usni/Faisal_Diskominfo Palopo).