PALOPO - Ketua Forum Kota Sehat, dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes, memberi arahan  pada  Pertemuan Tim Pembina Kota Sehat Tahun 2021. Yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Ratona. Jum'at, 24 September 2021.


Sekretaris Daerah, Drs. Firmanza DP, SH, M.Si, pada kegiatan tersebut juga menyampaikan bahwa, "Kewajiban dari pemerintah adalah menjadikan kota yang sehat, dan tetap mempertahankan prestasi yang sudah ada". Jelasnya.

Sekda juga mengatakan bahwa "Semua lokus ini harus segera dikunjungi, dan kita berharap agar supaya secepatnya di verifikasi". Lanjutnya.

Dalam Pemaparannya, Kadis Kesehatan,Taufiq S.Kep.Ns.,M.Kes, menyampaikan bahwa Dalam penilaian Yang akan dinilai diantaranya adalah dokumen yg akan di cocokkan dilapangan.

Adapun tahap persiapan penilaian kota sehat Kota Palopo tahun 2021 yakni Persiapan Lokus, Persiapan Tim pembina, Persiapan Forum Kota Sehat (konsil kecamatan, Satgas kelurahan sehat), Verifikasi Lapangan tanggal 29 September - 2 Oktober 2021 dan Rundown Kegiatan.

Berikut 7 tatanan yang dipaparkan oleh Kadis Kesehatan, yaitu pemukiman sarana dan prasarana sehat, Kawasan tertib lalu lintas dan transportasi, Kawasan pariwisata sehat, Kawasan industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, Kehidupan sosial yang sehat.

Adapun yang hadir dalam rapat tersebut, yakni Ketua Forum Kota Sehat, Direktur PAM, Pejabat PD, Kepala Puskesmas, serta tamu undangan lainnya.