Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Persiapan Menghadapi Idhul Adha Masa Pandemi Covid-19

Diskominfo Palopo Selasa, 13 Juli 2021 Kesra 479 Kali
Rapat Persiapan Hari Raya Idhul Adha Masa Pandemi, 13/07/2021 (Nunu_Kominfo)

Pandemi Covid-19 masih melanda dunia, dan sudah meluluh lantakkan hampir seluruh kondisi masyarakat, khususnya bidang ekonomi dan kesehatan. Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat terkait persiapan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H / 2021 M secara protokol kesehatan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penularan virus covid-19 yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo. Selasa, 13 Juli 2021.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH, beliau menyampaikan bahwa "Dalam kondisi seperti ini, bagaimana masyarakat bersama-sama dengan pemerintah, untuk melakukan sesuatu yang terbaik. Karena itu, Alhamdulillah kemarin kita di beri petunjuk oleh unsur Ulama Besar, untuk masing-masing menjaga diri dan daerah kita" jelasnya

Dalam rapat tersebut Walikota Palopo mempertimbangkan kondisi masyarakat, jika shalat Idul Adha diadakan di masjid ataupun di lapangan terbuka, berpotensi menimbulkan kerumunan, dan juga ada pemotongan hewan kurban, dan itu juga menimbulkan kerumunan.

Kapolres Palopo mengatakan bahwa "sesuai instruksi Kemendagri, kita berharap di Palopo ini, bisa berubah zonanya, yang dari orange menjadi hijau, dan mudah-mudahan bisa berubah". Jelasnya.

"Walaupun nanti terjadi di masjid, ataupun di lapangan, tetap harus mematuhi protokol kesehatan," Ujarnya.

Kapolres menghimbau untuk para aparat pemerintah, agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat, untuk selalu memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Lanjut, Walikota mengatakan bahwa
"Jika tanggal 18 nanti Palopo masih zona orange maka kita kembali melihat lagi surat edaran dari pemerintah" tambahnya.

"Untuk sementara kita belum bisa memutuskan untuk melaksanakan shalat di masjid atau dirumah. Itu semua tergantung dari kerja keras kita kedepannya". Tutupnya

Rapat akan dilanjukan pada hari Minggu 18 Juni 2021 siang, setelah shalat duhur terkait ditetapkannya tempat, untuk melaksanakan Shalat Idhul Adha.

Turut hadir dalam rapat tersebut Unsur Forkopimda, kepala MUI Kota Palopo, Rektor IAIN Palopo, Kepala KUA  se -Kota Palopo serta para penyuluh. (r/Anti_Kominfo)