Palopo- Puncak peringatan Hari Jadi Luwu ke-751 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-73 yang dipusatkan di stadion La Galigo Palopo, rabu(23/1/2019) tampak meriah dan dihadiri ribuan masyarakat.  Acara diawali dengan pembacaan synopsis Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu oleh Ketua DPRD Palopo, Harisal Latief. 

Gubernur Sulawesi Selatan H.Nurdin Abdullah yang hadir langsung pada perhelatan akbar tahunan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Tana Luwu yang tampak antusias menghadiri dan memeriahkan acara tersebut. Dalam pesannya dihadapan ribuan hadirin pada acara tersebut Gubernur menyampaikan beberapa pesan diantaranya mengajak masyarakat untuk senantiasa berpikir positif dan selalu berpegang teguh pendirian dalam melaksanakan tugas, beliau juga mengajak masyarakat tana Luwu untuk selalu menumbuhkembangkan semangat toleransi dalam kehidupan ditengah keragaman wija To Luwu.  Gubernur juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebarkan dan terhasut dengan informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. “ saya sedih dan sungguh tidak rela kalau di antara anak bangsa saling menebar rasa benci fitnah dan saling menjelek jelekan hanya karena perbedaan.

Mantan Bupati Bantaeng ini juga berharap agar segala potensi yang melimpah di Tana Luwu dapat dikelolah menjadi unggulang daerah masing- masing dan harus menjadi perhatian serius setiap pemerintah daerah. “ Potensi tanaman coklat perlu kita kembalikan kejayaannya  “ urainya sambil mengingatkan semua hadirin untuk tidak mudah merusak eksosistem lingkungan hidup disekitarnya. Dirinya juga berharap agar potensi kepariwisataan di daerah ini dapat dikelolah dengan baik termasuk mendorong upaya peningkatan status Bandar udara di daerah ini.

Dipenghujung acara yang dihadiri oleh sejumlah kepala daerah se-Tana Luwu dan se- Sulawesi Selatan tersebut diadakan pengundian berhadiah, dengan hadian utama 1 unit rumah yang berhasil dimenangkan oleh Amiruddin Sulo salah seorang warga kelurahan Marooangin, kota Palopo. Sedangkan dua warga lainnya yakni atas nama Syarif dan Febrianto masing-masing berhasil meraih 1 unit motor sementara hadiah umrah diperoleh oleh ibu rumah tangga asal kelurahan Benteng bernama Sabrina.( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )