Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Hadir di Palopo, Diresmikan Sekda

Diskominfo Palopo Senin, 20 Maret 2023 Kesra 564 Kali
Peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, 20/03/2023

PALOPO - Sekretaris Daerah Kota Palopo, Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, mewakili Walikota Palopo. Menghadiri Sekaligus Meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Halaman Kantor PLN (Persero) ULP Kota Palopo. Senin 20 Maret 2023.

Sambutan Bapak Moch. Andy Adchaminoerdin General Manager PLN UID SulSelRabar, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau yang disebut (SPKLU) unit pelayan pelanggan yang ada di Kota Palopo dan juga di Kolaka yang masing-masing berkapasitas 50 Kilo.

Kita bangsa Indonesia,  bangsa yang diberkahi dengan kekayaan alam yang luar biasa dan beragam dan terus bergerak menuju perkembangan teknologi yang ada saat ini, dalam hal ini menuju ekosistem kendaraan berbasis listrik atau berbasis baterai.

Hal ini adalah sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan berbasis listrik dan berbasis baterai untuk transportasi jalan  dan juga sejalan dengan peraturan Menteri ESDM Nomor 13 tentang penyedia infrastruktur, pengisian listrik untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Hal ini juga mendukung penggunaan listrik dilingkungan Pemerintahan, jadi Bapak Presiden RI sangat berharap bahwa Indonesia bisa terdorong penggunaan kendaraan berbasis listrik ini dan beliau juga telah mengeluarkan instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 dimana intinya adalah tentang penggunaan kendaraan bermotor berbasis listrik sebagai kendaraan operasional dan atau kendaraan perorangan Dinas Instansi Pemrerinta Pusat dan Pemerintah Daerah.

Percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia memang sangat perlu di dukung dengan pembangunan infrastruktur pengisian ulang yang mewadai peta jalan menuju kendaraan bermotor listrik direncanakan terbangun 2.400 titik dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik yang disebut SPBKLU di sepuluh ribu titik samapai dengan tahun 2025. Peningkatan daya listrik dirumah tangga pengguna kendaraan bermotor berbasis listrik itu meningkat.

Program ini tidak hanya sebagai bentuk dukungan guna mendorong percepatan tersedianya infrastruktur pengisian baterai  bermotor listrik, PLN juga membuka ruang badan usaha lain untuk dapat berkolaborasi bersama.

SPKLU totalnya dilingkup PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan Tenggara dan Barat sampai dengan hari ini, peresmian kali ini berjumlah 7 jadi 5 di Provinsi Sulawesi Selatan dan 2 di Tenggara.

Sambutan Walikota Palopo, dalam hal ini diwakili Oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si,  mengatakan pendirian SPKLU diberbagai wilayah di Indonesia termasuk Kota Palopo merupakan komitmen Presiden RI dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa Indonesia berkomitmen mendukung terhadap pengurangan emisi karbondiaksida melalui penggunaan kendaraan listrik dan diusahakan disetiap waktu ada penambahan stasiun pengisian listrik kendaraan umum di berbagai wilayah di Indonesia

Pengadaan kendaraan listrik yang didorong Pemerintah adalah bagian dari desain besar transisi energi dari fosil ke energi baru terbarukan. Ketergantungan kita pada BBM suatu kenyataan bahwa kebutuhan energi fosil dalam bentuk BBM setiap saat meningkat oleh karena itu tentunya kita berharap bahwa kedepan energi listrik bisa kita gunakan.

Hadirnya stasiun pengisian kendaraan listrik umum untuk di Kota Palopo tentu menggembirakan kita semua karena diharapkan secara perlahan ketergantungan kendaraan kita terhadap BBM baik solar dan berbagai jenisnya sedikit demi sedikit akan berkurang tentu diharapkan sebagian kendaraan produksi baru nantinya telah menggunakan tenaga listrik

Turut hadir Unsur Forkopimda Kota Palopo, para pejabat PLN beserta jajaranya dan para tamu undangan lainnya