Palopo, 27 Desember 2007. Peluang Kota Palopo menjadi salah satu kota jasa terbaik di Kawasan Timur Indonesia, dinilai sangat baik oleh sejumlah kalangan pengusaha, dengan catatan pemerintah mau membuka diri dengan mendukung sarana pusat pergudangan dan akses pelayaran skala nasional maupun international di Pelabuhan Tanjung Ringgit.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu investor asal Kolaka, Direktur PT Minanga Gasing Sulawesi, HM Yunus Kadir, saat melakukan uji coba pelayaran perdana Palopo-Kolaka, beberapa waktu lalu, di Pelabuhan Tanjung Ringgit, dan diakuinya bahwa pertumbuhan ekonomi di Palopo sangat pesat, sehingga ia berminat berinvestasi di Palopo.

Yunus juga menyebutkan, jika Palopo merupakan wilayah yang strategis untuk dikembangkan menjadi kota jasa, karena letaknya berada di tengah daerah-daerah penghasil komoditi pertanian dan perkebunan terbesar.

Dengan kondisi geografis yang strategis dengan pelabuhan besar, kata Yunus yang juga adalah Presiden Direktur PT Cinta Jaya dan Mitra Pertamina UPMS VII, maka Palopo merupakan daerah potensial yang akan dilirik oleh para investor. “Termasuk saya pribadi, sangat berminat berinvestasi di Palopo. Tapi saya akan melihat perkembangan perekonomian dan prospek komoditi di Luwu Raya, serta dukungan pemerintah terhadap investor,” tandasnya. (AR)