si penyelenggaraan persandian dengan tema penerapan tandatangan elektronik lingkup pemerintah kota Palopo di ruang pola kantor Wali Kota Palopo, Rabu ( 19/6/2019) yang dihadiri oleh pimpinan OPD, camat dan pihak perbankan.  Dalam sambutannya ketika pembukaan acara,  Kepala dinas persandian dan statistik Palopo, Renaldy, SE menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut untuk menambah pengetahuan tentang ilmu persandian, salah satu tahapannya yaitu penerapan tanda tangan elektronik. "Akan kami fasilitas setiap OPD yang ingin menerapkan tanda tangan elektronik ini sampai ke Balai Sertifikat Elektronik  (BSE)" ujarnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Palopo H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si menyampaikan bahwa salah satu cara dalam tata kelola pemerintahan yang efektif yaitu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk bisa memberikan layanan responsif dalam bidang administrasi negara. Menurutnya diperlukan metode yang efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan tanda tangan elektronik pada dokumen elektronik kepemerintahan. RMB juga berharap agar tanda tangan elektronik ini dapat diterapkan di lingkup pemerintah Kota Palopo agar dapat tersajinya informasi yang lebih terukur. RMB menegaskan agar SDM yang ada dilingkup pemerintah Kota Palopo tidak boleh terlambat dalam kemajuan teknologi. " Kita harus siap dalam persaingan era digital sekarang ini, sehingga dengan demikian diperlukan SDM  yang harus dioptimalkan melalui berbagai kegiatan seperti sosialisasi yang kita lakukan saat ini". tuturnya

Sementara itu dalam paparannya Sandhi Prasetiawan selaku kepala layanan sertifikat elektronik BSrE BSSN menyebutkan bahwa sekarang ini segala sesuatu yang kita lakukan di pemerintahan berkaitan dengan teknologi, salah satu bentuk teknologi yang sedang dikembangkan dan akan diimplementasikan yaitu digital signature. "Digital signature ini akan memberikan kemudahan, kecepatan, keutuhan, keaslian dan mencegah pemalsuan data/informasi" tuturnya.  Tujuan Digital signature  adalah untuk memastikan keaslian dan keamanan dokumen. Sebuah platform yang dapat diterapkan atau digunakan oleh berbagai sistem yang sudah berjalan ataupun sistem yang akan dikembangkan. Sistem ini berfungsi untuk memberikan jaminan bahwa dokumen digital adalah otentik. Turut hadir dalam sosialisasi ini asisten I Setda Palopo, H.Burhan Nurdin dan Kabid persandian Diskominfo Sulsel Yulianus Sonda, SE., M.Si. (Ichzan_Diskominfo Palopo)