Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pelantikan Dan Pembekalan Panitia Panwaslu Kecamatan Se-Kota Palopo

Diskominfo Palopo Kamis, 27 Oktober 2022 Pemerintahan 1510 Kali
Pelantikan Dan Pembekalan Panitia Panwaslu Kecamatan Se-Kota Palopo, 27/10/2022

PALOPO, - Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH. M.Si, mewakili Walikota Palopo, menghadiri kegiatan BAWASLU, yakni Pelantikan dan Pembekalan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Se - Kota Palopo, yang dihadiri Unsur Forkopimda dan Stakeholder terkait, bertempat di Hotel Agro Wisata. Kamis(27/10) 2022).

Laporan Ketua Bawaslu Kota Palopo, Dr. Asbudi Dwi Saputra, S.H.M.Kn, beliau mengucapkan selamat kepada Panwaslu Kecamatan yang terpilih , “setelah pelantikan sudah menjadi panswaslu kecamatan semua tugas dan tanggung jawab sudah melekat kepada yang telah di lantik.” Ujarnya.

“Dan pembekalan adalah seperti pondasi awal, dan beliau mengharap kepada panswaslu kecamatan yang terpilih yaitu dari sisi keilmuan karena kita akan mengawasi tahapan seluruh penyelenggaraan di tingkat kecamatankecamatan, dan keilmuan harus segera di tingkatkan. Serta kita harus memiliki sifat ketokohan artinya ketika orang itu muncul mempunyai teladan, dan integritas. “ Jelasnya.

“Dan kita harus mempunyai mental dan jiwa integritas, kata pengawas pemilu , artinya kita harus selalu curiga, dan kecurigaan kita itu menimbulkan keinginan kita untuk untuk memastikan suatu proses, seperti mewaspadai adanya kampanye terselubung.” Tambahnya.

Adapun Tagline nya Bawaslu adalah ‘Cegah, Awasi Dengan Baik, Cegah Lagi Dan Baru Tindak.’ Keberhasilan dari suatu pimpinan bukan diliat dari banyaknya pelanggaran dan mencegah dari potensi tersebut.

Sekda dalam penyampaiannya mengatakan bahwa hari ini adalah suatu tahapan penting dalam menghadapi perhelatan politik di negara yang kita cintai. Kita menyadari bahwa posisi

Panswaslu kecamatan dalam proses demokrasi itu sangat penting dan strategis, karena ia berfungsi sebagai lembaga yang di berikan mandat oleh Undang-Undang untuk memastikan penyelenggaraan pemilu telah berjalan sesuai konstitusi dengan memperhatikan asas langsung aman, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Dengan demikian keberadaan Panwaslu kecamatan sangat menentukan kualitas pemilu yang akan di laksanakan jika panswaslu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, maka dapat di pastikan bahwa proses demokrasi juga berjalan dengan baik.” Ujarnya.

Kita berharap setiap tahapan dalam proses demokrasi ini, bisa dipertanggung jawabkan kualitasnya, sehingga kedepan proses demokrasi yang berkualitas dapat melahirkan pemimpin dan sistem yang juga berkualitas.

Dikatakan juga bahwa Panswaslu harus memegang komitmen untuk mengawal suatu tahapan Pemilu ini dengan baik. Pastikan Pemilu 2024, proses demokrasi yang berkualitas.

“Sebagai Panswaslu kecamatan yang hari ini dilantik, ingat tugas kita adalah menjaga menjaga harkat/martabat bangsa dan negara kita, menjaga derajat kita dihadapan bangsa-bangsa lain yang senantiasa meneropong dinamika politik dan proses demokrasi di negara kita.” Tandasnya. (Awalani/Nurul-kominfo)