Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Parade Busana dan Tata Rias Pengantin Adat Kedatuan Luwu

Diskominfo Palopo Rabu, 24 November 2021 Kesra 1919 Kali
Pagelaran Budaya Adat Luwu, 24/11/2021

PALOPO-Asisten II Setda Kota Palopo, Ilham  Hamid, SE.MM., mewakili Walikota Palopo menghadiri Parade Busana dan Tata Rias Pengantin Adat Kedatuan Luwu di Gedung MCH,Rabu (24/11/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemkot Palopo melalui Dinas Kebudayaan Kota Palopo. 

Laporan Ketua Panitia,  Beliau mengatakan Bahwa Parade Busana adat tanah luwu tujuannya mengembalikan adat adat tanah luwu melalui busana pernikahan  dan Acara ini  sudah lama direncanakan, tetapi Karena Pandemi acaranya baru dilaksanakan saat ini. 

Dan juga mengatakan bahwa akan Menghasilkan sebuah buku yang menjadi panduan untuk kita semua. 

Sambutan Ketua DPP Harpi Melati Dra. Suyatmi Harun.MM,  mengatakan bahwa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya Kepada Pemerintah Kota Palopo Khususnya kepada Walikota Palopo . 

"Tujuannya di adakan acara ini agar Generasi muda mengenal lebih baik dan siap mempelajari dengan sungguh-sungguh tata rias pengantin maupun adat istiadat tata rias pengantin adat luwu sebagai identitas budaya warisan leluhur yang harus kita lestarikan." Ujarnya.

Sambutan Walikota Palopo Beliau mengatakan bahwa Parade busana adat tanah Luwu dan tata rias Pengantin, merupakan suatu kebanggaan bagi warga Luwu, karena adanya kegiatan ini, generasi masa kini, mengetahui kekayaan budaya Luwu, dan perlu upaya untuk melakukan pelestarian, dengan cara menjaganya bersama-sama. 

"Adapun harapannya dengan kegiatan parade seperti ini, masyarakat dapat melihat budaya yang mereka miliki".Jelasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Kota Palopo, Ketua DPP Harpi Melati, serta tamu undangan. (r/Nurul_kominfo).