PALOPO - Pemerintah Kota Palopo Mengikuti Verifikasi Lapangan Penyelenggaraan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, dilaksanakan secara virtual dari Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Kamis (25/03/2021).

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH. M. Si., yang mewakili Walikota, pada verifikasi lapangan virtual itu mengungkapkan bahwa, untuk Kota Palopo, regulasi dan kebijakan daerah tentang Pengarusutamaan Gender (PUG), telah menjadi perhatian utama sejak Diterbitkannya Perda Kota Palopo  nomor 3 tahun 2017 Tentang Pengarusutamaan Gender.

"Komitmen Pemkot Palopo Terkait PUG telah tertuang secara nyata, dalam Visi Walikota Dan Wakil Walikota Palopo, melalui RPJMD Kota Palopo, tahun 2018-2023, dengan prinsip inklusif dan diadopsi sebagai Misi Kota Palopo, yang maju inovatif dan berkelanjutan,"ungkap Sekda.

Sekda melanjutkan, hal tersebut (PUG) terjamin pula dalam misi 1 (satu), yaitu melaksanakan layanan pendidikan kesehatan serta jaminan sosial menyeluruh untuk kelompok rentan dan misi 2 (dua), yaitu mewujdkan lingkungan yang layak huni bagi pengembangan infrastruktur perkotaan dan pengembangan pemukiman pengembangan sanitasi dan ruang rerbuka hijau.

"Hal ini kemudian dijabarkan dalam tujuan dan sasaran, serta program prioritas," lanjutnya.

Masih menurut Sekda, di kota Palopo sudah ada perda, perda nomor 3 tahun 2017. perda ini juga menjadi landasan, bagi kami Pemkot untuk melakukan hal-hal hal tersebut (PUG).

"Jadi kita sudah implementasikan dalam berbagai program dan kegiatan," ujarnya.

Sementara itu, Asisten deputi (Asdep) perumusan kebijakan PUG Kementerian PPPA RI, Muh. Ihsan Sag. MA dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan,tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan verifikasi APE tahun ini dilakukan secara daring, ini menjadi tantangan tersendiri, baik bagi tim verifikator maupun pemerintah daerah dalam mempersiapkan data dan informasi yang dibutuhkan.