Palopo- Kota Palopo kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat yaitu sebagai kota peduli Hak Asasi Manusia ( HAM ) 2018 yang diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso pada puncak acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia ke- 71 di gedung Merdeka- Bandung, Selasa(10/12/2019).

Menkopulhukam Prof. Dr. Mahfud MD, SH., SU., M.I.P saat menyampaikan sambutan pada acara tersebut berharap agar penegakan HAM jangan hanya dilihat terkait soal penegakan hukum semata.   Menurutnya, sejak era reformasi telah banyak kemajuan dalam pembangunan perlindungan HAM di Indonesia diantaranya penguatan hak-hak politik, kebebasan pers, kemandirian partai politik, menguatnya DPR dan meluasnya peran civil society. “ Sebelum reformasi pengekangan terhadap HAM sangat hegemonik, tetapi sekarang alhamdulillah keadaan itu berbanding terbalik “ ujarnya seraya mengingatkan kepada semua pihak bahwa saat ini memang masih terdapat sejumlah masalah HAM namun dirinya meyakinkan bahwa pemerintah senantiasa berusaha menyelesaikannya melalui instrumen hukum yang tersedia. Kepada pemerintah daerah yang menerima penghargaan tersebut, Menkopolhukam juga menaruh harap agar capaian tersebut diiringi dengan upaya peningkatan pelayanan publik yang berkeadilan.

Senada dengan hal itu, Menkum HAM Prof. Yasonna Laoly, Ph.D, mengatakan pengahrgaan yang diberikan tersebut adalah upaya dan keberhasilan pemerintah kabupaten / kota dalam pemenuhan dan pelayanan publik yang merupakan bagian dari hak-hak dasar warga dan masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso seusai menerima penghargaan menuturkan bahwa penghargaan itu adalah sebagai sasaran antara. Sasaran utamanya adalah agar pemerintah daerah memiliki komitmen yang berkelanjutan dalam menjaga sekaligus memberi perlindungan serta pelayanan masyarakat dengan memperhatikan unsur-unsur HAM.

Selain Kota Palopo, pemerintah kabupaten / kota di Sulawesi Selatan yang menerima penghargaan serupa yaitu Kota Pare-Pare, Kota Makassar, Kabupaten Wajo dan Kabupaten Barru.  Sementara itu sebanyak 22 pemerintah provinsi yang berhasil meraih penghargaan tersebut, diantaranya Sulawesi Selatan, Jawa Tengah,  Bangka Belitung, DKI Jakarta, D.I.Yogyakarta, Bali, Jawa Barat, Banten dan  Kalimantan Selatan.  (red_Herawan_Diskominfo Palopo )