PALOPO - Pemerintah Kota Palopo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palopo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Palopo Tahun 2018-2023. Terkait Sinergitas Perencanaan Pembangunan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru" merupakan pokok dari planning kegiatan. Dilakukan pula penandatanganan berita acara perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Palopo Tahun 2018-2023 bersama dengan setiap perwakilan disaksikan oleh Walikota Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Wakil Ketua DPRD Kota Palopo serta Plt. Kepala Bappeda Kota Palopo. Bertempat di Auditorium Saokotae, Selasa 22 Desember 2020.

Laporan Plt. Kepala Bappeda Kota Palopo Hj. Raodatul Jannah, S.Sos menyampaikan tujuan dari perubahan musrenbang ini merupakan forum musyawarah antara pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan perubahan RPJMD Kota Palopo Tahun 2018-2023. Yang kemudian dibahas untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan bersama yang mencakup kebijakan umum dan pelaksanaan program kegiatan dan kegiatan pembangunan jangka menengah daerah.

Sinkronisasi kebijakan pusat, provinsi dan daerah terhadap prioritas pembangunan jangka menengah sesuai dengan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kemudian indikasi rencana program pembangunan jangka menengah daerah yang disesuaikan dengan kemampuan pendanaan serta komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani perubahan RPJMD dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan bahwa Musrenbang perubahan RPJMD ini bertujuan untuk musyawarah antara para pemangku kepentingan guna membahas dan menyepakati rancangan awal, perubahan RPJMD mengenai penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan bersama.

"Dalam pelaksanaan forum penyelenggaraan musrenbang perubahan RPJMD ini yang nantinya melahirkan kesepakatan bersama dalam berita acara yang menjadi pedoman dalam melakukan tahapan evaluasi rancangan awal perubahan RPJMD dengan Gubernur Sulsel." Jelasnya. (Anti_Diskominfo Palopo).