Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Maulid Nabi, Wali Kota ajak ummat koreksi diri

Diskominfo Selasa, 12 November 2019 Kesra 995 Kali
Wali Kota Palopo berbincang dengan rektor IAIN Palopo saat acara maulid nabi ( foto : Faisal Ibrahim

Palopo – Ribuan masayarakat muslim dari berbagia kalangan menghadiri rangkaian acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di pelataran Masjid Agung Luwu Palopo yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palopo pada hari Selasa ( 12/11/2019). Dalam sambutannya pada kesempatan itu, Wali Kota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH menyampaikan bahwa peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah merupakan bukti bahwa antusiasme masyarakat Indonesia sangat tinggi untuk selalu mengingat Rasulullah SAW .  Wali Kota Palopo  juga mengajaka para jamaah dan undangan yang hadir pada kesempatan itu agar agar senantiasa mengintrospeksi diri masing-masing.  "Kita harus selalu mengoreksi diri sendiri, apakah kewajiban kita sebagai pemangku kepentingan sudah berjalan dengan baik atau tidak" ucapnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat Kota Palopo untuk tidak melakukan aksi demonstrasi."Jangan lagi ada demonstrasi, marilah kita berdiskusi, jika ada yang keliru mari kita luruskan. Keliru adalah sesuatu yang bertentangan dengan aturan agama dan aturan perundang-undangan oleh karena itu baiknya kita musyawarahkan" tegasnya.   Sementara itu dalam tausiyahnya, rektor IAIN Palopo Dr. Abdul Pirol, M.Ag menyampaikan bahwa peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk kesadaran kita untuk selalu mengetahui bagaimana Rasulullah SAW lahir dan bagaima perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam.  Dirinya juga menguraikan betapa bahwa ketawadduhan Rasulullah SAW mampu menarik simpati bukan hanya dari kalangan umat islam, namun juga dari kalangan non muslim. “ Pengakuan Michael hart yang menempatkan Rasulullah SAW sebagai orang berpengaruh didunia sepanjang sejarah manusia adalah bukti betapa keagungan Rasulullah SAW tidak dapat dipungkiri “ ujarnya.  Dirinya juga menegaskan bahwa maulid Nabi Muhammad SAW ini diperingati oleh masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu atas saran K.H. Agus Salim kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2019 ini dirangkaikan dengan lomba bunga male yang diikuti oleh jajaran perangkat daerah,kecamatan dan kelurahan,  instansi sekolah , majelsi ta`lim se-Kota Palopo .Pada lomba bunga mael tersebut untuk kategori instansi pemenang pertama diraih oleh Kecamatan Wara Timur, disusul oleh PAM Tirta Mangkaluku diurutan kedua dan Dinas Koperasi UMKM Palopo sebagai juara tiga. Sedangkan untuk kategor sekolah, juara pertama diraih SMPN 1 Palopo, disusul SMPN 2 Palopo dan SMPN 6 Palopo, sedangkan kategori Majelsi ta`lim diraih oleh MT Kelurahan Salobulo, MT Salubattang dan juara tiga diraih oleh MT Kecamatan Mungkajang.  (Ichzan_Diskominfo Palopo)