Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Lomba Mainan Tradisional Latto-Latto, Kenalkan Mainan Atraktif Pada Pelajar

Diskominfo Palopo Kamis, 19 Januari 2023 Kesra 497 Kali
Lomba Mainan Tradisinal Latto-Latto, 18/01/2022

PALOPO - Dinas Pendidikan Kota Palopo menggelar Perlombaan Permainan Tradisional Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Se- Kota Palopo dalam rangka memperingati hari jadi Luwu Ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu Ke 77 Tahun 2023. Bertempat di Lapangan Pancasila, Kamis 19 Januari 2023. 

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Asnita Darwis, S.STP selaku Ketua Panitia Perlombaan tersebut menyampaikan laporannya tujuan diadakan perlombaan tersebut untuk menumbuhkan nilai-nilai kearifan lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian permainan tradisional. 

Adapun jumlah sekolah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba tersebut sebanyak 75 SD/MI dan sekitar 19 SMP/MTs Se- Kota Palopo . 

Untuk SD terdiri dari lomba Katto'-Katto' putra putri, lari karung putra putri dan lomba Hulahop putra putri, Untuk SMP terdiri dari lomba Ampang putra putri dan lomba lari longga' putra putri. 

Plt.Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB H. Farid Kasim Judas, SH., M.Si., MH pada sambutannya mengatakan Lomba Permainan Tradisional ini melambangkan memperingati hari jadi Luwu Ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu Ke 77 Tahun 2023. 

Pada kesempatan sore ini kita diberi kesempatan untuk membangun mengingat masa lalu dengan mengadakan lomba permainan tradisional ini yang disebut katto'-katto'. 

Sangat mengapresiasi seluruh panitia penyelenggara yang telah berinisiatif merefleksi sebuah permainan tradisional yang dimana saat ini marak dan viral yang terjadi di seluruh penjuru dunia sekarang sudah bermain katto'-katto'. 

"Ini merupakan sebuah kegiatan yang mengingatkan kita bahwa kita semua pernah muda kita semua pernah bermain permainan katto'-katto'." Jelasnya.

Dan Juga kegiatan ini membuat kita bergembira, senang dan membuat anak-anak kita lebih berkreatif dan memahami arti dari sebuah seni tradisional yang tidak boleh kita tinggalkan, seni tradisional harus kita lestarikan, budaya-budaya kita tetap kita lestarikan di masa modern seperti ini. 

Turut hadir menyaksikan perlombaan tersebut PimpinanPerangkat Daerah dan Kepala sekolah SD dan SMP.