Palopo -  Dalam rangka mewujudkan pelayanan maksimal dalam hal pengurusan administrasi kependudukan. Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Palopo melakukan kegiatan pendataan pemberkasan penduduk yang memiliki keterbatasan dalam mengurus berkas, diantaranya warga yang sakit , kaum disabilitas dan kalangan lanjut usia.  Hal itu diutarakan oleh Syamsuriadi Nur, S.STP , Kabid PIAK dan pemanfaatan data Dukcapil Palopo saat ditemui oleh tim www.palopokota.go.id sesaat setelah melakukan kegiatan door to door  melayani warga dalam pendataan dan pemberkasan administrasi kependudukan, Selasa(17/12/2019).

Menurutnya, layanan door to door  bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang tidak sempat melakukan pengurusan berkas kependudukan di kantor Dinas Dukcapil. “ Pada kesempatan ini kami beserta tim Dukcapil langsung ke rumah warga melakukan perekaman secara langsung sehingga mereka dapat terlayani dan terpenuhi hak kependudukannya “ ucapnya sesaat setelah  melakukan pendataan di kelurahan Pontap, Penggoli dan Balandai. Menurutnya pola ini sangat efektif dan meringankan beban mereka. Oleh karena itu,  dirinya berharap ada kerjasama dengan pihak terkait untuk memberikan informasi keberadaan warga yang kurang mampu untuk dilayani secara langsung.

Selain itu, menurut mantan lurah Ponjalae kecamatan Wara Timur tersebut kedepan pihaknya akan menggagas kerjasama dengan pihak kementrian agama dalam pemberkasana data penduduk, sehingga dengan demikian pasangan pengantin yang baru menikah dapat langsung menerima adminitrasi kependudukannya berupa Kartu keluarga pas pada hari pernikahan. “ Insya Allah MOU nya akan segera kita wujudkan “ tandasnya lagi seraya menambahkan bahwa pihaknya juga tengah mengupayakan penuntasan program pembuatan Kartu Identitas Anak dalam rangka mendukung program Kota Layak Anak . ( red_Herawan_Diskominfo Palopo )