Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

KPU Rapat Verifikasi Faktual, Tahapan Penetapan Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Diskominfo Palopo Sabtu, 15 Oktober 2022 Pemerintahan 838 Kali
KPU Rapat Verifikasi Faktual, 15/10/2022

PALOPO - Kepala Badan Kesbangpol Kota Palopo, Drs.Hassanuddin, SE. MM, mewakili Wali Kota menghadiri rapat koordinasi persiapan pelaksanaan tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik tinggkat Kabupaten/Kota dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum Tahun 2024, di Palopo Hotel. Sabtu, (15/10/2022).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo melaksanakan Rapat Koordinasi Verifikasi  Faktual Kepengurusan dan Keannggotaan Partai Politik tinggkat Kabupaten/Kota dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dimulai dari 15 Oktober sampai 4 November nantinya.

Ketua KPU Kota Palopo, Abbas mengatakan pada rapat tersebut, terkait sampel yang di pertanyakan beberapa Parpol pihaknya mengakui masih menunggu informasi pihak dari KPU RI, mengenai sampel yang akan diverifikasi faktual, terkait ke anggotaan, lanjutnya, mengatakan saat ini, jadwal verifikasi masi ada di KPU RI. Juga mengatakan ini merupakan awal dalam pertemuan-pertemuan. Selanjutnya dimana pertemuan yang melibatkan unsur-unsur terkait seperti Forkopimda, Pihak Keamanan dalam hal ini pihak Polres Palopo, dan Parpol yang akan melakukan verifikasi.

Komisioner KPU Palopo, devisi teknis penyelengara pemilu, Ahmad Adi Wijaya, S,Pd., M,Pd. seusai rapat mengatakan verifikasi faktual dari 15 Oktober sampai 4 November nantinya berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang telah keluar, ia mengatakan rilis yang diberikan KPU hari ini berjumlah 18 Parpol yang lulus/lolos verifikasi administrasi, 9 diantaranya akan dilakukan verifikasi faktual.

" Verifikasi faktual sampelnya itu berasal dari KPU RI jadi kita masi menunggu" ungkapnya,

Lanjut Ahmad, mengatakan untuk mengisi giat, maka dilakukan Rakor bersama stake holder dalam hal ini Pemerintah, Keamanan, dan Pimpinan Parpol. Yang menjadi acuan utamanya ialah mencocokan kesesuaian dan kebenaran apa yang diimput pada sistem informasi politik, baik pada kepengurusan ataupun keanggotaan sesuai dengan fakta di lapangan. Verifikasi Kepengurusan memferifikasi Ketua, Sekretaris, Bendahara, 30 % keterwakilan perempuan dalam susunan pengurus Parpol, domisili kantor. (Juna/Riska-Kominfo).