Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Kota Palopo Menuju Era Baru "Smart City"

Diskominfo Palopo Selasa, 20 September 2022 Kesra 126 Kali
Bimtek Masterplan & Quick Win Kota Palopo "Smart City",20/09/2022

PALOPO - Dr.dr.HM.Ishaq Iskandar, M.Kes, MM, Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian & Pembangunan, mewakili Wali Kota Palopo, menghadiri penutupan Bimtek Masterplan & Quick Win Program Unggulan Kota Palopo "Smart City", dan sekaligus Penandatanganan Komitmen Bersama Smart City Kota Palopo, di Gedung Pertemuan Ratona Lt.II, Kantor Wali Kota. Selasa, (20/09/2022).

Komitmen Bersama Smart City Kota Palopo, tahun 2022, telah ditanda tangani secara bersama, dalam rangka implementasi gerakan menuju kota cerdas. Bimbingan teknis penyusunan Masterplan & Quick Win, Program Unggulan Kota Palopo Smart City, yang dimulai dari tanggal 15-16 Juni (Tahap I), 20-21 Juli (Tahap II), 24-25 Agustus (Tahap III) Dan 19-29 September (Tahap IV) resmi berakhir. Dan selesai kegiatannya hari ini.

Kementerian Kominfo, melalui Tim Ahli Pembimbing Smart City, Rudi Hartanto dalam laporannya mengatakan, Kota Palopo adalah salah satu Kota, yang terpilih dari 100 Kota Smart City, Kota yang terpilih dalam proses seleksi oleh Kemenkominfo. Dalam pelaksanaannya, tim ahli pembimbing, telah menghasilkan 4 draft buku, berisi analisis trategis smart city Kota Palopo, dalam 5-10 tahun ke depan, kesiapan Kota Palopo dalam menyongsong pekembangan baik di lokal Sulawesi ataupun secara global.

“Dengan Master Plan Smart City Kota Palopo, akan menetukan arah pembangunan smart city Kota Palopo ke depan, sesuai dengan perkembangan teknologi, pekembangan masyarakat, dan lingkungan. Kesiapan infrastruktur dan aplikasi - aplikasi yang diperlukan, literasi kepada masyarakat, dan kejasama stakeholder terkait, semoga semua berjalan dengan baik ke depan, smart adalah cara kerja yang inovatif " katanya.

Ia menambahkan untuk menentukan pengukuran smart city terdapat 6 komponen yaitu Smart Economy, Smart Mobility, Smart Environment, Smart People, Smart Living, dan smart governance. Dengan penerapan smart city, memerlukan analisis pada pengukuran  kondisi 'existing' sebuah kota dalam pengembangannya.

Mewakili Wali Kota, Dr.dr.HM.Ishaq Iskandar, M.Kes, MM, Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian & Pembangunan, dalam sambutannya mengatakan, dengan arahan-arahan dari tim pembimbing smart city Kemenkominfo, Masterplan & Quick Win Program Unggulan Kota Palopo "Smart City" bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan. Satu tahapan menuju Kota cerdas telah dilalui, ialah Bimtek Masterplan & Quick Win, dimana dalam suatu kegiatan memang seharusnya mempunyai perencanaan yang matang. Sehingga Master Plant Smart City, diharapkan menjadi panduan dalam upaya Kota Palopo, sebagai salah satu Kota Cerdas, oleh karna itu, perencana telah disusun dengan prinsip inovatif, kolaboratif dan partisipatif, dengan tetap mengacu pada visi misi dan dokumen perencanaan pembangunan daerah, yang ada dalam hal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Palopo, 2020-2024.

Berharap agar tersusunnya Masterplan Smart City Kota Palopo, dapat mempercepat terwujudnya Kota Palopo sebagai Kota cerdas, sehingga berdampak pada pelayanan yang jauh lebih baik, dalam upaya mengintegrasikan teknologi informasi komunikasi, dalam tata kelolah sehari-hari, baik tata kelolah Pemerintahan, pelayanan pada masyarakat, ataupun  pelayanan publik, sehingga tercipta efisiensi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, peluang dan kesempatan terbaik, untuk lebih mengokohkan posisi strategis Kota Palopo, khususnya di wilayah utara Provinsi Sulawesi-Selatan." Ungkapnya.

Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan Masterplan & Quick Win Program Unggulan Kota Palopo "Smart City" Penutupan Bimtek Tahap IV (akhir)  ini, yang dirangkaikan dengan Launching Portal Smart City Kota Palopo (smartcity.palopokota.go.id ) dan Penandatanganan Komitmen Bersama Wali Kota Palopo, Jajaran Pemerintah Kota Palopo, untuk implementasi Smart City Kota Palopo.

Turut Hadir, Jajaran Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Kota Palopo, Kepala Bank Sulselbar, Supriyanto, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkot Palopo terkait. Staf dan Tim Ahli Smart City Kemkominfo. Staf beserta Jajaran Diskominfo Kota Palopo. (Juna/Asraf_Kominfo).