Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Kota Layak Anak, bukan kontes

Diskominfo Selasa, 25 Juni 2019 Kesra 989 Kali
Suasana dialog KLA ( foto : Faisal Ibrahim_Diskominfo Palopo )

Palopo - Tim verifikasi kota layak anak (KLA) menggelar dialog bersama gugus tugas tim verifikasi lapangan KLA di aula BAPPEDA (Kamis, 20/6/19) yang didampingi oleh Walikota Palopo Judas Amir, ketua PKK Hj.Utia Sari Judas, Kepala dinas BAPPEDA Firmanza DP, dan kepala dinas pemberdayaan perempuan & perlindungan anak Suriani Suli.  Dalam dialog ini anggota tim verifikasi KLA Didi Santoso menyebutkan akan memastikan apa KLA sesuai dengan verifikasi administrasi."Kami akan perjuangkan dari apa yang kami lihat dan dengar dari spot yang akan kami kunjungi nanti"

 Didi juga menyatakan bahwa anak-anak adalah tunas bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa di masa depan yang harus mendapatkan perlindungan. Harus ada perlindungan khusus anak, mulai dari kandungan sampai ke pertumbuhan fisik. Perlindungan anak adalah sgala kegiatan yg menjamin hak hak anak dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabatnya" ucapnya. Didi santoso juga menerangkan bahwa harus Ada peran pemda yang melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional untuk membangun dan mewujudkan kota layak anak.

Dalam dialog ini juga didi Santoso menjelaskan pemenuhan hak anak dalam KLA sendiri akan dikelompokkan menjadi 5 cluster yakni hak kebebasan, hak pengasuhan, hak kesehatan, hak mengenyam pendidikan dan memanfaatkan waktu luang serta perlindungan khusus anak. Sementara itu Ketua tim Nanang Abdul Chanan menambahkan bahwa evaluasi KLA Ini bukan sebuah lomba ataupun kontes meskipun hasilnya akan ada apresiasi dari presiden. "Program terkait pemenuhan anak jauh sebelum adanya KLA demi menyelamatkan anak-anak Indonesia secara demografis" tuturnya.  Tujuan evaluasi ini untuk meninjau sejauh mana kemajuan kota layak anak di kabupaten dan kota. Saat ini di Indonesia sudah ada 177 kota layak anak dan pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang akan diadakan penghargaan kota layak anak di Makassar.  Turut hadir dalam dialog ini kepala dinas kesehatan Ishak Iskandar, kepala dinas perhubungan Andi Farid Baso Rahim, Kabid infrastruktur diskominfo Palopo Ilham Tahang dan  kasubag umum diskominfo Palopo Irwana Ismail. (Ichzan_Diskominfo Palopo)