Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Kominfo laksanakan SKKNI

Diskominfo Senin, 17 Juni 2019 Pembangunan 1327 Kali
Suasana Pembukaan SKKNI ( foto : Faisal Ibrahim_Diskominfo Palopo )

Palopo - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar bimbingan teknis dan sertifikasi berbasis standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) Bidang informatika kota Palopo di Hotel Value (Senin, 17/6/19). SKKNI sendiri adalah adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek Pengetahuan (knowledge), Keterampilan dan/atau Keahlian (skills) serta Sikap kerja (attitude) yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bimtek SKKNI yang diselenggarakan Kemenkominfo kali ini mencakup diantaranya graphic design, officie applicatioan, web programming dan technical support. Dalam sambutannya Kepala bidang pengembangan SDM Kominfo Makassar Drs. H. Syarifuddin, M.Si menyebutkan bahwa dengan adanya bimtek ini diharapkan tenaga kerja muda yang ada di Indonesia dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar. "Kita harus mengikuti perkembangan, harus ada tenaga kerja yg berkompeten dan bersertifikasi guna memenuhi kebutuhan SDM yang berkualitas" tuturnya.

Dirinya juga berharap agar angkatan kerja muda yg mengikuti bimtek ini dapat mengikuti dengan baik bimtek ini. Selain itu ia mengungkapkan bahwa angkatan kerja muda yang mendapatkan sertifikasi dapat dinyatakan berkompetensi dan termasuk kedalam tenaga ahli "Saya juga berharap tenaga kerja ini bebas dari narkoba" tegasnya.

Sementara itu Asisten 1 Setda Palopo Burhan Nurdin, M.Si yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa tenaga kerja yang ada di Indonesia harusnya berkompetensi agar mampu bersaing di pasar kerja baik di dalam maupun luar negeri dan harus memiliki sertifikasi kompetensi dari lembaga yang diakui oleh negara.  " Jangan bermimpi anda bisa maju jika tidak punya keahlian, gunakan apa yang menjadi bakat dan keahlian yang kita miliki" ucapnya. Burhan Nurdin juga menambahkan agar para angkatan kerja muda tidak berpangku tangan saja. Kegiatan bimtek ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 17 Sampai 21 Juni 2019. Bimtek ini akan diikuti oleh 60 orang peserta. Turut hadir dalam pembukaan bimbingan teknis ini direktur LSP TIK Ir. Edwin Surjosaptanto, kepala bidang Infrastruktur Diskominfo Palopo Ilham Tahang, S.STP, dan kepala seksi IT Diskominfo Palopo Ramlan, S.Kom (Ichzan_Diskominfo Palopo)